Lawan Hoaks, Mafindo Menggelar Deklarasi Bandung Anti Hoax

JABARNEWS | BANDUNG – Sebagai upaya untuk terus melawan penyebaran berita bohong atau hoaks dan ujran kebencian di Indonesia, Komunitas Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) Bandung Raya menggelar deklarasi bertajuk “Tanpa Hoaks, Kita Rukun Berdemokrasi” di Car Free Day Dago, Minggu (31/3/2019).

Media Officer MAFINDO Bandung Raya, Ratri Riki mengungkapkan kegiatan ini merupakan kampanye publik dan edukasi terkait hoaks kepada masyarakat.

Baca Juga:  130 Tim Gabungan Pemeriksa Hewan Kurban Diterjunkan Pemkot Bandung

“Inikan kampanye publik, agar orang tau hoaks itu apa dan yang kaya gimana. Juga kalau menemukan hoaks itu harus bagaimana,” ungkap Ratri.

Acara ini diisi dengan beragam kegiatan, diantaranya permainan edukasi untuk anak-anak, penandatangan deklarasi serta ruang tanya jawab bagi masyarakat yang ingin mengenal lebih dalam hoaks.

Lanjut Ratri, selain sebagai sarana edukasi dan upaya melawan penyabaran hoaks, kegiatan ini juga merupakan launching dan memperkenalkan MAFINDO kepada masyarakat.

Baca Juga:  Stok Beras di Kota Bandung Dipastikan Aman Jelang Lebaran, Tapi Harga Tetap Naik

“Jadi ini juga ajang untuk memperkenalkan Mafindo kepada masyarakat, jadi kalau misal kita mau sama-sama lawan hoaks bisa bareng-bareng lewat Mafindo,” tuturnya.

Ratri menambahkan, setelah dilaksanakannya deklarasi ini akan ada kegiatan lain yang dilakukan, seperti perekrutan relawan, digital literacy training dan workshop anti hoaks yang melibatkan beberapa lapisan masyarakat.

Baca Juga:  Lokasi SIM Keliling Kota Bandung Hari Ini Sabtu 19 November 2022

Ratri pun berharap dengan diadaknnya deklarasi ini masyarakat khususnya di Kota Bandung bisa ikut serta terlibat dalam melawan penyebaran berita hoaks.

“Harapannya banyak masyarakt Bandung yang bisa lebih aware dengan hoaks, ikut serta peduli melawan dan mengawasi penyebaran hoaks di medial sosial.” pungkas Ratri. (Rob)