Bupati Anne Jenguk Kondisi Bayi yang Dikubur Hidup-hidup

JABARNEWS | PURWAKARTA – Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika melihat kondisi Dian, bayi berusia 5 bulan yang dikubur hidup-hidup oleh ibunya sendiri.

Dian saat ini masih mendapatkan perawatan di RSUD Bayu Asih Purwakarta. Rona kesedihan nampak dari Bupati yang sedang hamil 9 bulan tersebut.

Dengan didampingi oleh Dirut RSUD Bayu Asih serta ayah korban, Anne tampak tak kuasa menahan air mata, bahkan Bupati yang biasa disapa dengan Ambu Anne ini meminta masyarakat Purwakarta untuk memberikan doa agar Dian bisa melewati masa kritisnya.

“Berharap ada mukjizat kembali, bisa lebih baik lagi perkembangannya dan doa kesembuhan untuk bayi cantik ini,” ungkap Anne di RSUD Bayu Asih Purwakarta, Kamis (28/3/2019).

Mendapatkan informasi dari keluarga korban, Anne menuturkan kelahiran Dian secara normal dan tanpa kekurangan sedikitpun. Dirinya menyebut bahwa Dian adalah bayi yang cantik.

Baca Juga:  Sudah Diantisipasi dari Awal, Longsor di Proyek Bendungan Ciawi Tak Makan Korban Jiwa

“Bayinya cantik luar biasa, mudah-mudahan ada keajaiban kedua bagi bayinya, agar bisa melewati masa kritis dan sembuh total. Mukjizat pertama terjadi saat dia terkubur, karena secara logika medis, setengah jam dikubur itu bisa (meninggal dunia),” ucap Anne yang tak kuasa menahan kesedihan.

Kepada keluarga korban anne pun meminta agar diberikan kesabaran dan tidak perlu memikirkan biaya pengobatan, pihaknya akan mencover seluruh pengobatan bayi tersebut.

“Sudah kita cover untuk biaya pengobatannya hingga sembuh,” ujar Anne.

Adapun terkait yang dialami oleh Dian, Anne mengungkapkan hal tersebut bisa diakibatkan oleh baby blues syndrom, ditambah ada beberapa faktor yang akhirnya terjadi kejadian tersebut (penguburan bayi hidup-hidup).

Untuk mengantisipasi serta masih belum pahamnya masyarakat akan baby blues syndrom, Anne pun akan mengumpulkan Bidan Desa agar memberikan pemahaman serta sosialisasi kepada masyarakat terutama untuk para ibu yang sedang mengandung.

Baca Juga:  Tegaskan Tak Punya Wewenang Tentukan Capres dan Cawapres, Presiden Jokowi: Saya Bukan Pak Lurah!

“Saat trimester pertama harus diawasi oleh minimal bidan desa, harus dipantau kesehatan si ibu dan perkembangan janin, minimal sebulan sekali. Kejadian ini harus jadi peringatan semuanya,dan kejadian ini baru pertama kali di Purwakarta,” kata dia.

Sedangkan untuk memantau kondisi kejiwaan Ibu korban, pihak Pemda Purwakarta siap memberikan pendampingan bahkan menyiapkan psikiater termasuk medis.

“Kita berikan pendampingan kepada Ibunya ya, kita siapkan psikiater dan medis untuk memeriksa kondisi psikis si ibu tersebut,” ujar Anne.

Anne pun berharap dengan adanya kejadian tersebut, dirinya meminta agar pihak bidan desa dan puskesmas di Purwakarta bisa memberikan pemahaman kepada ibu hamil dan keluarganya bila perlu berikan pendampingan.

Baca Juga:  Motif Pembunuhan Calon Mubalig LDII di Indramayu Terungkap, Tersangka Diancam Hukuman Mati

Sedangkan menurut Dirut RSUD Bayu Asih Purwakarta, dr. Agung Darwis mengungkapkan bahwa bayi berusia lima bulan tersebut sudah dialihkan perawatannya ke ruang ICU khusus anak atau PICU.

Agung mengatakan kondisi yang menurun itu disebabkan adanya benda asing yang masuk ke paru-parunya.

“Kondisinya agak sedikit menurun, karena memang terjadi aspirasi benda asing. Diduga pasir yang masuk ke paru-parunya,” kata dr. Agung.

Akan tetapi pihaknya akan terus melakukan usaha semaksimal mungkin agar bayi lucu berusia lima bulan tersebut bisa melewati masa kritisnya.

“Semua tindakkan medis sudah kami lakukan semaksimal mungkin. Mudah-mudahan bisa tertolong, tapi kami tidak menutup diri dan terus berusaha, selain itu kami mohon doanya untuk bayi ini” ujarnya. (Red/Rilis)

Jabar News | Berita Jawa Barat