Bapenda Purwakarta Launching e-PBB

JABARNEWS | PURWAKARTA – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Purwakarta melaunching e-PBB.

e-PBB adalah sebuah aplikasi yang memudahkan masyarakat Purwakarta dalam mengakses informasi tagihan pajak bumi dan bangunan (PBB) dengan sajian data informasi tagihan PBB tahun berjalan serta tahun-tahun sebelumnya.

Aplikasi yang diberi nama Siceupol tersebut, dilaunching langsung oleh Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika.

Dalam sambutannya Anne mengungkapkan aplikasi tersebut bisa memudahkan masyarakat dalam kebutuhan informasinya terkait PBB.

“Sebuah inovasi yang harus diapresiasi, karena ini bentuk percepatan pelayanan kepada masyarakat, dan kita tidak repot harus datang ke kantor Bapenda,” ujar Anne disela, Launching e-PBB Siceupol,di Bale Sawala Yudhistira, Komplek Pemkab Purwakarta, Kamis (28/3/2019).

Baca Juga:  Ramalan Cuaca Kota Bandung, Jumat 1 Juli 2022

Selain itu menurut Bupati yang biasa disapa dengan Ambu Anne, dengan kehadiran aplikasi Siceupol, diharapkan mampu memotivasi serta meningkatkan pendapatan daerah, karena dengan begitu masyarakat bisa dimudahkan.

“Aplikasi ini hadir ditengah masyarakat sehingga diharapkan mempermudah serta meningkatkan kontribusi terutama dalam PBB,” ungkap Anne.

Sedangkan menurut PLT Kepala Bapenda Purwakarta, Nina Herlina mengungkapkan dengan adanya aplikasi Siceupol adalah bagian dari peningkatan mutu pelayanan serta mendekatkan diri kepada masyarakat akan kehadiran Bapenda.

Dalam sistem ini akan membantu masyarakat untuk mengetahui informasi data wajib pajak, subjek pajak dan tagihan pembayaran pajak, bahkan tahun sebelumnya pajak yang belum dibayarkan akan ada informasinya serta aplikasi ini meningkatkan PAD Purwakarta.

Baca Juga:  Kronologi Tiga Anak di Subang Tewas Akibat Kebakaran Rumah

“Aplikasi ini kita beri nama Siceupol yaitu Sistem Informasi Cek PBB online, masyarakat tidak perlu repot datang ke Bapenda cukup mengakses melalui aplikasi , jadi mengecek PBB semudah menelpon atau menstalking sosmed pacar,” ujar Nina.

Untuk target PBB 2019, pihaknya menargetkan sebesar Rp 70 Milyar, akan tetapi menurutnya target tersebut bisa dicapai didukung oleh semua unsur baik dari tingkat Desa hingga Kecamatan.

“Optimis target Rp. 70 Milyar bisa kita capai dengan dukungan semua pihak tentunya,” ujar dia.

Baca Juga:  Begini Isi Poin Perubahan RPJMD Jabar Tahun 2018-2023

Adapun dalam triwulan pertama di 2019, Nina mengungkapkan bahwa PBB dan BPHTB sudah sesuai target, dimana untuk PBB realisasi penerimaan sebesar Rp. 4,416,994,012 atau sebesar 5,9 % sedangkan BPTHB Rp. 8,913,142,980 atau 16,51 %.

“Alhamdullilah Triwulan pertama ini kita sudah sesuai tercapai dan sesuai target, sehingga 2019 kita optimis bisa tercapai,” kata Nina.

Dalam acara launching tersebut, pihak Bapenda pun mengumumkan serta memberikan penghargaan kepada kecamatan terbaik dalam PBB, yaitu Darangdan, Campaka dan Kecamatan Bojong, adapun posisi buncit ada Kecamatan Kota Purwakarta dan Kecamatan Pasawahan. (Red/Rilis)

Jabar News | Berita Jawa Barat