Untuk Atasi Banjir Pemkab Garut minta Bantuan Pemprov

JABARNEWS | GARUT – Untuk mengatasi permasalah banjir yang kerap terjadi pada badan jalan utama akibat luapan air dari kondisi drainase yang buruk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut meminta bantuan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

“Kita akan melakukan penyelesaian banjir karena itu menyangkut jalan provinsi, kita meminta bantuan kepada provinsi,” kata Bupati Garut Rudy Gunawan, Minggu (31/3/2019) dilansir dari laman Antarajabar.

Ia menuturkan, saat musim hujan beberapa lokasi di jalan utama kewenangan provinsi maupun kabupaten tergenang banjir.

Baca Juga:  Jelang Lebaran, Berikut Jadwal SIM Keliling di Purwakarta

Salah satunya di jalan protokol Ciateul, Kecamatan Tarogong Kaler, merupakan jalan provinsi yang secepatnya akan dilakukan pembongkaran saluran yang menjadi penyebab tersumbatnya aliran air.

Ia menyampaikan, banjir yang menggenangi badan jalan di Garut telah menjadi perhatian pemerintah daerah untuk segera diselesaikan sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas kendaraan maupun aktivitas masyarakat.

Baca Juga:  Soal Ambu Anne Gugat Cerai Suaminya, Begini Pesan KH John Dien

Adapun program yang segera digulirkan untuk mengatasi banjir di jalanan itu dengan melakukan pembongkaran saluran air kecil sehingga terjadi penyumbatan dan banjir saat turun hujan.

“Tahun ini ada yang sudah dibongkar, kami sekarang ada 12 titik (pembongkaran) yang utamanya,” katanya.

Terkait titik genangan air lainnya, kata dia, juga menjadi perhatian pemerintah dan akan diselesaikan dengan alokasi anggaran di tahun 2020.

Baca Juga:  Ratusan Rumah di Cipatat Bandung Barat Rusak Diterjang Hujan Deras

“Untuk yang lainnya, beberapa genangan juga akan diselesaikan di 2020,” katanya.

Untuk diketahui, setiap turun hujan deras mengguyur wilayah perkotaan Garut seringkali menimbulkan banjir di beberapa titik jalan protokol dengan ketinggian sekitar lutut orang dewasa.

Bahkan genangan air juga sering terjadi di beberapa kawasan seperti Jalan Pembangunan, Jalan Terusan Pembangunan, Jalan Proklamasi, termasuk di sekitar Simpang Lima Garut. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat