PT KAI Berikan Layanan Kesehatan Gratis di Stasiun Jatibarang

JABARNEWS I INDRAMAYU – PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembali memberikan layanan kesehatan gratis bagi masyarakat.

Layanan kesehatan gratis tersebut dikemas melalui acara Kereta Kesehatan (Rail Clinic) di Stasiun Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Selasa (26/3/2019).

Dalam kegiatan tersebut PT KAI memberikan bantuan kesehatan gratis kepada 400 masyarakat dan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) KAI dibidang kesehatan.

“Kereta Kesehatan atau Rail Clinic ini sudah 4 kali dilaksanakan di sekitar jalur KA di wilayah Daop 3 Cirebon selama 4 tahun terakhir,” ujar Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Kuswardojo.

Kuswardojo mengatakan PT KAI mengundang sebanyak 400 masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gratis.

Baca Juga:  Bangkitkan Perekonomian di Depok, Berikut Harapan Anggota DPRD Jabar

Pelayanan dimulai pukul 08.00 s/d 14.00 WIB di dalam Rail Clinic yang dihadirkan di Stasiun Jatibarang, Kabupaten Indramayu.

“Masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat pertama, meliputi pemeriksaan umum, pemeriksaan gigi, kesehatan ibu dan anak, pemeriksaan kesehatan mata, pemeriksaan laboratorium sederhana, penyuluhan kesehatan, serta pelayanan kefarmasian,” katanya.

PT KAI Daop 3 Cirebon menyiapkan tim kesehatan yang terdiri dari 6 dokter umum, 2 dokter gigi, 1 dokter spesialis kandungan, 2 bidan, 2 apoteker, 1 analis, 1 asisten apoteker, dan 7 paramedis.

Pada kegiatan yang sama, PT KAI juga memberikan alat bantu penglihatan berupa kacamata gratis untuk 45 pelajar SD di UPT Pendidikan Jatibarang.

Baca Juga:  Waze Ungkap Aktivitas Kendaraan Selama PSBB, Bener Bandung Paling Taat?

Pembagian kacamata diberikan kepada siswa yang sebelumnya telah dilakukan pemeriksaan mata.

“Selain pembagian kacamata, PT KAI Daop 3 Cirebon juga mengundang pelajar SDN 1 dan 2 Jatibarang, SDN 1, 2, 3 Bulak Lor, SD PUI, dan SD Santo Yusuf untuk mendapatkan penyuluhan kesehatan gigi serta pengetahuan tentang keselamatan perkeretaapian,” jelasnya.

Kuswardojo menambahkan, pada Rail Clinic generasi 4 ini terdapat juga Rail Library atau Kereta Pustaka.

Para pelajar serta masyarakat sekitar Stasiun Jatibarang juga dapat memanfaatkan fasilitas yang ada di Rail Library tersebut.

Rail Library menyediakan ratusan buku bacaan, dan dilengkapi pula dengan fasilitas e-library atau perpustakaan elektronik berupa 6 buah monitor layar sentuh dengan database berbagai bacaan, video edukatif, dan lagu anak-anak yang terkoneksi dengan internet.

Baca Juga:  Komnas Ham Akan Surati Kejagung Terkait Kejelasan Soal Wafatnya Ustadz Maaher

Pelayanan kesehatan gratis dengan Rail Clinic ini sudah menjadi program rutin PT KAI sebagai salah satu bentuk kepedulian KAI kepada masyarakat disekitar jalur KA.

“Semoga layanan Rail Clinic dapat membantu meningkatkan kesehatan dan minat baca masyarakat sekitar, serta membuat masyarakat semakin mencintai kereta api dengan lebih peduli terhadap keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api,” ujarnya. (One)

Jabar News | Berita Jawa Barat