Pemkot Terjunkan Diskar dan Dinsos untuk Menangani Warga Terdampak Banjir Cijambe

JABARNEWS | BANDUNG – Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menginstruksikan sejumlah dinas, diantaranya Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung dan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung untuk menyiapkan sejumlah kebutuhan warga yang terdampak banjir di Cijambe.

“Saya sudah instruksikan aparat kewilayahan yang didukung dinas terkait termasuk Diskar PB dan Dinsos, apa yang dibutuhkan masyarakat harus terkoordinasi dengan baik. Informasi dari pak camat banjir tengah diatasi dan ditangani masyarakat. Termasuk tim gober juga turun tangan,” katanya, Senin (1/4/2019).

Berdasarkan informasi yang diperolehnya mengatakan, peristiwa tersebut terjadi pada pukul 16.00 WIB akibat tanggul di bantaran Sungai Cicalobak jebol. Luapan air turut merusak dinding sekolah dan merangsek ke permukiman warga di RT 07 RW 06, Kelurahan Pasir Endah, Kecamatan Ujungberung.

Baca Juga:  Tak Punya e-KTP, 961 Warga Majalengka Terancam Tak Bisa Nyoblos

“Tentu ini banjir akibat hujan yang cukup deras dan besar hampir selama dua jam. Kabarnya banjir bukan hanya di bawah tapi di atas. Alhamdulillah, aparatur kewilayahan sudah mengevakuasi anak-anak sekolah dan menutup tanggul yang roboh. Diharapkan tanggul yang ditutup tidak meluas ke warga,” bebernya.

Baca Juga:  Peternak Ayam Indramayu, Resah Serangan Nyamuk

Informasi sementara, tidak ada korban jiwa dari musibah tersebut. “Dinas terkait sudah hadir di sana. Petugas Tagana dan PMI juga hadir di sana. Terpenting menurut informasi tidak ada korban,” ujarnya.

Lanjut Oded, sebagai kepala daerah ia akan langsung berkoordinasi dengan Bupati Bandung, Dadang Naser untuk membahas kejadian ini. Sebab, disinyalir derasnya arus Sungai Cicalobak dikarenakan volume air yang tinggi dari kawasan utara yang masuk wilayah Kabupaten Bandung.

“Ke depan saya akan mencoba berkoordinasi dengan Bupati Bandung. Saya berharap nanti bisa mengkoordinasikan banjir lintas wilayah ini, karena tentu kebijakan dari dua wilayah,” ungkapnya.

Baca Juga:  Setelah Ditolak Ditangani Rumah Sakit, Pasien Ini Meninggal Di Ambulans

Selain beragam upaya penanganan tersebut, Oded tetap mengimbau kepada masyarakat yang berada di bantaran sungai agar meningkatkan kewaspadaannya. Sebab, potensi luapan air bisa tiba-tiba datang sekalipun wilayah Kota Bandung sedang tidak diguyur hujan.

“Saya juga mengimbau kepada seluruh warga yang ada di bantaran sungai untuk lebih waspada dan hati-hati. Boleh jadi, di bawah tidak hujan tetapi di atas hujan, maka banjir bisa datang tanpa diduga.” ujarnya. (Red/Rilis)