Bantu Kelola Sampah di Bandung, Oded Apresiasi Bank Sampah Hijau Lestari

JABARNEWS | BANDUNG – Telah membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung di bidang lingkungan khususnya pengelolaan sampah, Wali kota Bandung Oded M. Danial mengapresiasi Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Hijau Lestari.

“Warga Bandung luar biasa ketika diajak oleh pemimpinnya untuk pengelolaan sampah. Salah satunya Yayasan Hijau Lestari yang merangkul ibu-ibu untuk mengelola sampah,” ujar Oded pada acara Sarasehan Tahunan Pengelola Unit Bank Sampah Hijau Lestari Se Kota Bandung, di Cipaku Garden Hotel, Rabu (3/4/2019).

Menurutnya, gerakan tersebut memberikan dampak yang positif bagi lingkungan. Apalagi saat ini telah berdiri 151 unit bank sampah di 21 kecamatan di Kota Bandung.

Baca Juga:  Di Purwakarta, Api Obor Asian Games Bakal Disemayamkan Sementara Waktu

“Ini terbukti bahwa warga Bandung luar biasa. Warga yang memiliki inovasi dan kolaborasi. Suatu saat pengelolaan sampah ini menjadi budaya masyarakat,” katanya.

Lanjut Oded, ini sebuah konsep sederhana mengubah dari kumpul, angkut dan buang, menjadi kurangi, pisahkan dan manfaatkan. Maka dengan media bank sampah seperti yang dilakukan Hijau Lestari ini, memiliki nilai ekonomis luar biasa.

Oded berharap masyarakat mampu mendukung program Pemkot Bandung dalam pengelolaan sampah, yaitu dengan Kurangi, Pisahkan, Manfaatkan (Kang Pisman).

“Ketika pemerintah punya regulasi, saya harap bisa disambut positif oleh instrumen masyarakat Bandung. Pengelolaan sampah seperti di kewilayahan sehingga selesai dengan masyarakatnya itu sendiri,” harapnya.

Baca Juga:  Robert Alberts Sebut Nick Kuipers Punya Level Kebugaran Cukup Baik

Sementara itu, Ketua LSM Hijau Lestari sekaligus Direktur Bank Sampah Induk Hijau Lestari, Elis Solihat menyampaikan, konsep mudah diterima ibu-ibu jika konsepnya mudah diterapkan. Seperti mengumpulkan dan memisahkan sampah dimulai dari rumahnya masing-masing.

“Konsepnya mudah diterapkan oleh ibu-ibu dan mudah diduplikasi. Memilah sampah mulai dari sumbernya. Mengumpulkan dan memisahkan sampah dimulai dari rumahnya masing-masing. Alhamdulilah dengan kolaborasi dan dukungan dari Pemerintah maupun BUMN, Hijau Lestari terus berkembang dari mulai peralatan sampai kegiatan,” katanya.

Elis mengungkapkan, setiap hari pihaknya dapat mengumpulkan sekitar 2 ton sampah. Ia yakin dengan petugas setiap unit 12 orang mampu memberikan manfaat dan hasil yang maksimal.

Baca Juga:  Pemprov Jabar Targetkan Terowongan Kembar Tol Cisundawu, Selesai Juni 2018

“Setelah lahan sudah ada, kita pun memiliki mesin pencacah. Ini kita manfaatkan agar bahan yang dikelola menghasilkan nilai ekonomi,” ungkap Elis.

Menurutnya, unit atau bank sampah di Kota Bandung bisa terus berkembang. Namun perku lahan yang memadai. Dengan 151 unit, ia yakin pengelolaan sampah bisa terus berjalan.

“Respon masyarakat meningkat, apalagi dengan dukungan program Kang Pisman. Unit bank meningkat, tetapi kita kewalahan soal lahan. Sebetulnya kita bisa terus berkembang. Tetapi intinya kita bersama memiliki misi kepedulian lingkungan.” pungkasnya. (Mel)