Gerakan Inovasi Desa untuk Wujudkan Kebangkitan serta Kemajuan Desa

JABARNEWS | BANDUNG – Direktur PMD, Kementerian Desa PDTT, M. Fachri mengimbau seluruh stakeholder, khususnya Pendamping Desa secara gencar melakukan gerakan inovasi desa untuk mewujudkan kebangkitan dan kemajuan desa.

“Mewujudkan Desa Inovatif merupakan tugas dan tanggungjawab mulia bagi seluruh stakehokder, khususnya pendamping Desa dalam konteks pengawalan penggunaan Dana Desa,” ujar M. Fachri dalam kegiatan penutupan Rapat Koordinasi Program Inovasi Desa Dinas PMD Provinsi Jawa Barat Tahun 2019, di Bandung, (06/4/2019).

Fachri menjelaskan, gerakan tersebut mustinya dilakukan secara terus-menerus sehingga dapat mempercepat capaian cita-cita bersama dalam berdesa, yakni kemajuan, kemandirian dan kemakmuran masyarakat.

Baca Juga:  Wanggai Anggap Persaingan Hal Yang Bagus

Sebab, program Dana Desa yang digelontorkan oleh Presiden Jokowi sejak 2015 tersebut terbukti telah mendorong pembangunan dan kemajuan Desa secara massif sekaligus dibutuhkan sentuhan kreatif dan inovatif dari para Pegiat Desa dan masyarakat secara bersama-sama dan berkelanjutan.

Ia berharap agar seluruh Pendamping Desa dapat lebih maksimalkan gerakan inovasi Desa dalam penggunaan Dana Desa menuju kebangkitan dan kemajuan Desa, terutama di Jawa Barat ini, baik aspek infrastruktur dasar dan teknologi tepat guna, pengembangan aspek kewirausahaan maupun pengembangan Sumber Daya Manusia.

“Forum ini menjadi wadah kita untuk saling berinteraksi, sharing ilmu pengetahuan dan pengalaman guna mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan Dana Desa melalui Program Inovasi Desa yang ditetapkan oleh Kementrian Desa, PDTT”, jelas Fachri.

Baca Juga:  House Tour Travel, Hotel Bandung Rasa Pedesaan Inggris

Selain itu, ia menekankan agar pengelolaan anggaran yang mendukung program inovasi desa yang akan diterima oleh Tim Inovasi Kabupaten (TIK) dan Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) di tingkat kecamatan dapat digunakan dengan baik, sesuai dengan petunjuk teknisnya dan dapat dipertanggung jawabkan.

“Pemerintah tidak hanya memberikan perintah, tapi juga memberikan regulasi, referensi dan success story inovasi pembangunan desa untuk dilakukan replikasi oleh Desa-desa. Tujuannya untuk mempercepat pertumbuhan dan pemerataan ekonomi serta disfaritas antar Desa serta peningkatan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan,” ujarnya.

Baca Juga:  Keren! Besok Seluruh Kecamatan di Kota Bandung Tanam 15 Ribu Pohon

Selain itu, Fachri meminta kepada Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Pemberdayaan Mayarakat dan Desa serta para Camat untuk melaksanakan pembinaan, pengawalan serta monev Program Inovasi Desa di Tahun 2019 dengan sebaik-baiknya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala DPMD Provinsi Jawa Barat, H. Dedi Supandi, pihak DPMD Kabupaten/Kota, BAPEDA Kabupaten/Kota, unsur TIK, perwakilan Camat, Pengurus Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Tingkat Kecamatan, Tenaga Ahli Provinsi dan Kabupaten serta perwakilan PD, PLD se Jawa Barat. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat