Budayawan asal Purwakarta geluti Tanaman Bonsai

JABARNEWS | PURWAKARTA – Ayi Kurnia Iskandar yang biasanya aktif di bidang seni dan sastra, kali ini tampil dengan deretan tanaman bonsai.

Belakangan ini budayawan asal Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta tersebut, aktif mengurus puluhan tanaman bonsai miliknya di kediamannya di Kampung Kerajan RT 12 RW 05 Desa/Kecamatan Wanayasa, Purwakarta.

Bonsai miliknya sudah ada sejak lama tepatnya tahun 1990 silam. Kala itu ia melihat tanaman bonsai memiliki daya tarik tersendiri.

Wajar saja bila dia kembali menghidupkan kecintaannya kepada bonsai lewat koleksi di rumhnya. Menggeluti tanaman bonsai menjadi alternatif disela kegiatan seni dan sastra di Sanggar Sukmasarakan.

Baca Juga:  Presiden Berpesan: Jangan Sampai Ada Guru yang Terlewat Vaksinasi

Menurut Ayi, Purwakarta memiliki potensi untuk menjadi sentra industri bonsai, jika dilihat dari ketersediaan bahannya.

Namun demikian di lapangan industri kreatif bonsai mengalami kendala dari segi edukasinya mulai dari pembentukan tanaman bonsai hingga pemeliharaan.

“Kendala terbesar yakni pengetahuan tentang bonsai, potensi tentang teknis, pemeliharaan dan pembentukan,” ujar Pria yang akarab disapa Kang Ayi, saat ditemui di sela-sela kegiatannya, Sabtu (6/4/2019).

Baca Juga:  Tak Disangka, Ternyata Terlalu Lama Duduk Bisa Memicu Penyakit Berbahaya Ini

Untuk masyarakat awam yang tertarik, kata dia, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menggeluti penanaman bonsai. Diantaranya pemilihan jenis tanaman, spesifik lebih bagus di jenis pikus atau pohon beringin lalu pohon tegalan.

“Agar bagus tergantung jenis pohon, medianya harus bagus, cuaca matahari yang tepat. Lalu pembentukan menggunakan kawat untuk membentuk dahan dan ranting supaya mirip pohon asli di alam bebas,” jelasnya.

Baca Juga:  Selama Enam Bulan, Polisi Tangkap 24.878 Tersangka Kasus Narkoba

Menanam bonsai sebagai hobi, menurutnya bonsai adalah hobi sekaligus industri kreatif. Karenanya mesti mendapat perhatian dari pemerintah lewat kegiatan seperti pameran dan kontes bonsai.

“Bongsai itu hobi, saya harap ada pameran dan kontes bongsai yang digelar pemerintah Kabupaten Purwakarta,” harapnya.

Diketahui Kang Ayi Kurnia sendiri saat ini aktif sebagai anggota Perhimpunan Pecinta Bonsai Indonesia (PPBI) Kabupaten Purwakarta. (Gin)

Jabar News | Berita Jawa Barat