Dua Desa di Subang Dilanda Banjir

JABARNEWS | SUBANG – Dua desa yakni Desa Dukuh dan Jatibaru Kecamatan Ciasem, Kabupaten Subang dilanda banjir setinggi 70 cm akibat hujan deras yang melanda wilayah tersebut, Senin (8/4/2019)

Berdasarkan informasi, banjir tersebut adalah banjir langganan setiap kali curah hujan tinggi yang melanda wilayah Subang.

“Biasa Kang, ini udah sering terjadi saat hujan lebat,” kata salah satu warga, Ahya (35) kepada Jabarnews.com

Baca Juga:  Ini Pesan Bupati Subang Kepada Kades Terpilih

Menurutnya, wilayah Desa Dukuh dan Desa Jatibaru, Kecamatan Ciasem memang sering terdampak banjir karena daerah dataran rendah, apalagi jika hujan deras melanda wilayah Subang.

“Rata-rata kalau hujannya lebih dari satu hari pasti terjadi banjir,” ujarnya

Warga lainnya, Ano (50) menambahkan, dengan adanya banjir langganan ini warga hanya bisa pasrah, mengingat dataran yang terdampak banjir memang rendah.

“Kita (warga) sudah pasrah, karena ini sudah jadi rutinitas, meskipun sudah diperlebar saluran air masih terus banjir kalau hujan lebat,” keluhnya.

Baca Juga:  Jelang PPKM Darurat, Akses Ke Kabupaten Bekasi Diperketat

Sementara itu, Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Jajang Abdul Muhaimin menyebutkan, ada sekitar 256 rumah warga yang terendam banjir dengan ketingian bervariasi.

“Perkiraan sementara ada sekitar 256 rumah warga yang terendam banjir di dua desa tersebut dengan ketinggian air rata rata 70 cm,” kata Jajang

Baca Juga:  Longsor Landa Kawasan Wisata Gundaling Karo, Satu Rumah Terdampak

Selain merendam rumah warga, banjir tersebut juga merendam ratusan hektare areal pertanian dan sejumlah fasiltas umum seperti gedung sekolah.

“Penyebab utama banjir ini, akibat meluapanya sungai Ciasem. Informasi sementara yang dihimpun Tim Tagana tidak ada korban jiwa akibat bencana alam ini. Warga terdampak banjir pun untuk tidak ada yang mengungsi,” pungkasnya. (Mar)

Jabar News | Berita Jawa Barat