Puluhan Warga di Lemahsugih Mengungsi

JABARNEWS | MAJALENGKA – ‎Sebanyak 19 rumah yang dihuni 25 Kepala Keluarga atau 72 jiwa di dua RT, yakni RT 009/003 dan RT 001/001 di Blok Lamelaut Desa Mekarmulya, Kecamatan Lemahsugih, Kabupaten Majalengka mengungsi ke rumah kerabat mereka.

Kondisi ini dirasakan warga sudah tiga hari lamanya. Sejak hujan lebat yang disertai angin kencang pada Minggu sore (7/4) hingga malam sekira pukul 23.30 WIB, peristiwa ini menyebabkan pergeseran tanah dan merusak infrastruktur jalan serta puluhan rumah.

Baca Juga:  Satgas TMMD Sedang Memecah Batu

Warga ‎terpaksa mengungsi ke rumah kerabat mereka. Sebagian besar kondisi rumah mereka rusak parah dan sedang, sehingga dikhawatirkan pergerakan tanah semakin parah dan rumah ambruk, maka pemerintah desa dan kabupaten menyiapkan tenda-tenda khusus. Mengingat rumah family mereka ada yang ditempati ‎tiga sampai empat keluarga yang mengungsi.

Bupati Majalengka, H. Karna Sobahi, yang datang meninjau bersama unsur Muspida mengatakan, pihaknya merasa prihatin dengan kondisi tersebut. Untuk sementara, pihaknya membantu dengan cara menyiapkan tenda-tenda khusus untuk para keluarga terdampak bencana.

Baca Juga:  Bauman Harap Maksimal Hadapi Macan Kemayoran

“Kita siapkan tenda khusus, karena ada warga yang menampung keluarga dalam satu rumah dengan 4 keluarga. Membuat tenda Itu langkah darurat kita. Langkah selanjutnya, kita segera berkordinasi untuk memperbaiki rumah-rumah dan infrastruktur lain yang rusak,” ungkapnya, Kamis (11/4).

Kepala Desa Mekarmulya, Iyet Sumiati mengatakan, warga yang pergi ke pengungsian hanya membawa pakaian, dan sebagian perabotan rumah tangga serta barang berharga. Pihaknya berharap bantuan dari pihak manapun, karena akan sangat membantu masyarakatnya.

Baca Juga:  Polisi Bongkar Penyelundupan Benih Lobster Asal Sukabumi, Total Ditaksir Rp2 Miliar

“Alhamdulillah sekarang sudah ada tenda darurat bagi warga, tenda ini sangat membantu warga supaya tidak berhimpitan dalam satu rumah. Karena warga yang saat ini mengungsi di rumah family-nya tersebut ada yang ditempati tiga hingga empat keluarga.” ungkapnya.

Dalam pelaksanaan peninjauan Bupati Majalengka itu, turut serta Kapolres Majalengka, Dandim 0617/Majalengka dan dinas dari Badan Penanggulangan Bencana Alam memberikan bantuan sembako dan pakaian kepada warga terdampak pergerakan tanah di Desa Mekarmulya Kecamatan Lemahsugih.‎ (Rik)