Ineu : Kondisi Lingkungan Berdampak Bagi Bencana Alam di Jabar

JABARNEWS | BANDUNG – Kondisi dan permasalahan lingkungan hidup sangat berdampak terhadap bencana alam di Jawa Barat. Hal tersebut disampaikan Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari saat menghadiri acara Musrenbang Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2020 di Trans Luxury Hotel, Selasa (2/4/2019).

Politisi perempuan dari Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jawa Barat ini mengatakan salah satu masalah lingkungan hidup di Jabar kawasan Cekungan Bandung yang semakin sering dilanda banjir bandang dan genangan banjir.

Baca Juga:  Penerapan PPKM Darurat, Berpotensi Hilangkan Hak Kebutuhan Dasar Masyarakat

Sebagai contohnya, kata Ineu, ialah bencana alam banjir yang semakin sering terjadi di kawasan Bendung Utara dan Bandung Timur, seperti yang melanda Cijambe, Senin (1/2) lalu.

“Persoalan degradasi lingkungan hidup harus menjadi perhatian kita semua untuk bisa diatasi. Tidak hanya pembuatan taman-taman yang dilakukan secara parsial, tapi penataan lingkungan pun wajib dilakukan,” kata Ineu.

Baca Juga:  Jelang Tahun Baru, Polsek Kiaracondong Patroli Jalan Kaki

Menurut Ineu, kerusakan lingkungan di Kawasan Bandung Utara (KBU) ini menjadikan kawasan Bandung jadi rawan bencana.

Oleh karena itu, menurutnya, penataan lingkungan ini harus menjadi poin penting dilakukan terutama oleh daerah rawan bencana.

“Jadi penataan lingkungan ini penting terutama untuk daerah rawan bencana, sehingga jadi daerah bebas bencana,” ujarnya.

Selain itu, Ineu juga menyoroti kinerja pemerintah dalam menegakkan Perda Provinsi Jabar No 2 Tahun 2016 tentang Pedoman Pengendalian Kawasan Bandung Utara (KBU) sebagai Kawasan Strategis Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga:  Gratis, Pengobatan Jemaah Haji Indonesia

Dia mengatakan peraturan ini harus ditegakkan dalam rangka penataan dan pengendalian pembangunan di KBU yang berdampak pada bencana alam.

“Perda ini harus ditegakkan agar musibah bencana alam tidak terjadi lagi di Jawa Barat, khususnya di KBU.” pungkas Ineu. (Mel)