bjb

Musim Hujan Harga Tomat Naik Harga Sayuran Lain Turun

Ilustrasi. (Dok. Net)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Memasuki musim penghujan harga tomat di Pasar Tradisional Citeko Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta mengalami kenaikan.

Salah seorang pedagang sayuran di Pasar Tradisional Citeko Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta, Nining Siti Maemunah (40) mengatakan bahwa kenaikan harga tomat cendrung relatif, untuk harga tomat kecil naik 50% sementara harga tomat besar naik 25%. Selasa (29/01/2019).

“Harga tomat kecil awalnya Rp. 8.000 saat ini naik menjadi Rp. 12.000 per kg, kalau harga tomat besar awalnya Rp. 12.000 sekarang jadi Rp. 15.000 per kg.” ujarnya.

Nining menyebut, hanya harga tomat saja yang mengalami kenaikan, sementara harga sayuran lainnya cendrung menurun.

"Harga sayuran lainnya stabil." Tambahnya.

Dilansir dalam situs kepokmas@purwakartakab.id, sementara harga tomat mengalami kenaikan, beberapa komoditas sayuran justru men mengalami penurunan harga diantaranya, cabe rawit Rp. 30.000 turun menjadi Rp. 20.000 per kg, cabe merah Rp. 30.000 saat ini Rp. 25.000 per kg, cabe kriting Rp. 30.000 saat ini turun Rp. 20.000 per kg. sementara bawang putih dan bawang merah turun dari harga awal Rp. 25.000 saat ini Rp. 20.000 per kg, Kol Rp. 8.000 turun menjadi Rp. 5.000 per kg, dan wortel saat ini Rp. 7.000 dari harga awal Rp. 15.000 per kg.
Baca Juga:

Tanpa Petugas Pemadam Kebakaran Warga Padamkan Api yang Lalap Sebuah Ruko

Pengukuran Mutu Pelajaran Bisa Dilihat Melalui OSN


Kepala Bidang Perdagangan, WIta Gusrianita,mengatakan, intensitas curah hujan di Purwakarta beberapa pekan terakhir cukup tinggi. Hal itu membuat sebagian besar harga sayuran menurun. Namun kondisi tersebut tidak dibarengi dengan meningkatnya pembeli.

"Penurunan harga ini dampak dari minimnya pembeli sementara stok dari para petani dan pemasok di Pasar Induk Cikopo banyak," ujarnya.

Selama beberapa bulan kedepan stok sayuran mau pun sembako di Pasar Citeko aman. Sementara untuk harga tomat tersebut cendrung menurun.

"Stok insya Alloh aman, namun untuk harga sayuran dan bahan pokok tidak bisa memastikan karena suka berubah tiba-tiba turun bahkan naik, tapi saat ini berada dikisaran harga normal atau cenderung turun." tambah Wita. (Red/Rilis)

Jabarnews | Berita Jawa Barat

Tags : Harga Tomat Naik Kabupaten Purwakarta Pasar Tradisional Citeko Kepala Bidang Perdagangan Kabupaten Purwakarta
properti

berita terkait

Sudah 44 Tahun Tidak Terjadi Kasus Rabies di Purwakarta

Parkir Sembarangan di Purwakarta Akan Disanksi

DPPKB Purwakarta: Tingkatkan SDM Mulai Dari Keluarga

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi