Babinkamtibmas di Purwakarta Gendong Seorang Kakek-Kakek ke TPS

JABARNEWS | PURWAKARTA – Anggota Bhabinkamtibmas di Purwakarta terlihat menggendong seorang kakek-kakek yang hendak berangkat ke TPS, Rabu (17/4/2019).

Anggota Bhabinkamtibmas yang bertugas di Desa Babakan tersebut diketahui bernama Aiptu Ono Kartono dan kakek-kakek yang digendongnya bernama Sadeli (76), warga warga RT 09/04, Desa Babakan, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta.

Sadeli mengatakan, semula dirinya memang ingin menggunakan haknya untuk memilih Pilpres dan Pileg. Namun karena sakit pada kedua kakinya dan tidak kuat untuk berjalan ke TPS terdekat, sempat melunturkan semangat dan keinginannya ikut mencoblos di Pemilu 2019 tersebut.

Niat dari kakek Sadeli untuk menentukan pilihan di hari H pemungutan suara tersebut akhirnya terwujud. Kebetulan seorang anggota Bhabinkamtibmas Desa Babakan, Aiptu Ono Kartono melihat kakek Sadeli yang hendak berangkat ke TPS.

Baca Juga:  Sungguh Tega! Dibuang Orang Tuanya, Begini Kronologi Penemuan Bayi di Ciamis

Aiptu Ono Kartono menggendong kakek Sadeli ini cukup beralasan karena kakek Sadeli sudah tidak kuat untuk berjalan dari rumahnya ke TPS terdekat.

Diketahui bahwa jarak tempuh dari rumah pak Sadeli menuju ke TPS adalah sekira 1,2 km, dan dari tempat itu pula Aiptu Ono menggendong pak Sadeli.

“Alhamdulillah, untungnya ada pak polisi yang mau datang dan menggendong saya ke TPS. Jadi saya bisa memilih Presiden dan Wakil rakyat. Kaki saya suka sakit kalau jalan jauh, tadi kalau tak ada pak polisi mungkin saya gak jadi ke TPS,” ujar Sadeli dengan gembira.

Baca Juga:  Pabrik Plastik di Bekasi Terbakar, Videonya Viral di Media Sosial

Setelah melaksanakan hak pilihnya, kakek Sadeli digendong kembali untuk diantar pulang oleh Aiptu Ono Kartono.

“Terima kasih ya pak polisi, sudah mengantarkan bapak ke TPS,” ucap Sadeli.

Aiptu Ono yang telah menggendong dan mengantarkan kakek Sadeli ke TPS mengaku tak ada niatan apapun selain ingin menolong kakek Sadeli agar bisa menggunakan haknya. Mencoblos, kata Ono, adalah hak setiap warga negara selama tak ada halangan.

“Kebetulan saja saya pas lewat patroli di sana,” kata Ono singkat.

Baca Juga:  Safari Ramadhan Dengan Masyarakat Ujung Serdang Bedagai, Johan Sinaga Minta Agar Tingkatkan Kerukunan Antar Umat Beragama

Tidak sampai disana Aiptu Ono juga tertangkap kamera sedang menolong wanita lansia dengan memapahnya dari tempat parkir menuju ke ruang tunggu di dalam TPS.

Dihubungi terpisah, Kapolres Purwakarta, AKBP Matrius, melalui Paur Humas Polres Purwakarta, Ipda Tini Yutini mengatakan, Polres Purwakarta mengapresiasi tindak yang dilakukan oleh anggota Polsek Wanayasa tersebut.

“Semoga tindakan yang dilakukan oleh pak Ono Kartono ini bisa menjadi inspirasi kebaikan bagi anggota Polres Purwakarta lainnya, agar selalu berbuat baik bagi masyarakat demi mewujudkan keamanan dan ketertiban di Kabupaten Purwakarta ini,” singkatnya. (Gin)

Jabar News | Berita Jawa Barat