Kartini, Emansipasi dan Perempuan

JABARNEWS | KARIKATUR – Tanggal 21April bangsa kita memperingati hari Kartini. Seorang tokoh perempuan yang menjadi ikon perjuangan kesetaraan perempuan di tanah air.

Dalam ranah politik, kedudukan perempuan mengalami peningkatan. Kiprahnya tidak lagi menjadi objek tapi juga menjadi subjek. Beberapa tokoh perempuan seperti halnya Megawati Soekarno Putri dan Grace Natalie dipercaya menjadi ketua umum partai peserta pemilu 2019 dan menjadi banyak dijadikan bahan perbincangan publik.

Baca Juga:  Breaking News: Semburan Lumpur Panas Keluar Dari Sumur PLTP Sorik Marapi Geothermal Power

Partisipasi perempuan pada pemilihan legislatif dan pemilihan kepala daerah beberapa lalupun membludak dengan cukup besar.

Partisipasi perempuan dalam dunia politik menjadi cermin emansipasi kaum emak-emak dalam menindaklanjuti perjuangan RA Kartini. Meskipun demikian perempuan-perempuan tanah air khususnya, tidak terlena dengan kesetaraan tersebut. Kodrat perempuan tetap harus terjaga dalam posisi seorang ibu/istri dalam suatu keluarga, yang berperan dalam mendidik anak sebagai generasi bangsa kedepannya. (Dod)

Baca Juga:  Cegah Aksi Kriminalitas, Polisi Terus Pantau Posko Pengungsi Korban Gempa Cianjur