Suka Duka Polisi Polres Purwakarta Kawal Kotak Suara Pemilu 2019

JABARNEWS | PURWAKARTA – Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden -Wakil Presiden, DPRD, DPR RI dan DPD RI, 17 April 2019 lalu, sudah selesai. Saat ini perhitungan surat suara, tengah berlangsung di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Namun, banyak yang tidak tahu, di balik hiruk pikuk perhitungan surat suara di berbagai wilayah di Purwakarta, banyak kisah heroik saat mengawal dan pengantar kotak suara di kabupaten yang dikenal sebagai Kota Tasbeh tersebut.

Baca Juga:  Alumni UPI Banyak Menyumbang Kemajuan di Dunia Pendidikan

Salah satunya suka duka yang dialami Kanit Laka Satuan Lalulintas Polres Purwakarta, Iptu Asep Kusmana saat mengawal pendistribusian kotak suara di desa Sukamukti, Kecamatan Maniis.

“Berbagai upaya dilakukan oleh penyelenggara pemilu untuk menyalurkan logistik ke wilayah Purwakarta yang memiliki kerawanan geografis yang berbeda dan kami hanya mengawalnya saja,” cerita Asep saat ditemui di ruangan kerjanya, Kamis (25/4/2019).

Meskipun jarak yang cukup jauh dan terjal, lanjut dia, pengiriman dan penjemputan kotak suara demi terselenggaranya Pemilu, semua tidak menjadi hambatan.

Baca Juga:  Pernah Jadi Pemain, Ini Sosok Radovic Di Mata Hariono

“Momen penuh perjuangan tersebut kami lalui dengan senang dan gembira. Meskipun tugas mengawal Pemilu nampaknya menyita banyak energi bagi kami petugas keamanan, namun itu tidak terasa jika dijalani dengan semangat berbakti untuk negara ini,” jelas Asep.

Waktu pengawalan kotak suara, ia terlihat harus bersusah payah membantu motor-motor yang mengangkut surat suara ketika melewati jalanan berbatu nan terjal.

Baca Juga:  Tragis, ABG Ini "Dijual" Seharga Rp. 2 Juta

“Ini semua udah tugas kami kok, lagi pula seru dan sangat menantang sekaligus olahraga dan kita lebih dekat dengan masyarakat anggap saja lagi latihan fisik, yang penting dan terutama Logistik surat suara pemilu aman, tidak rusak, dan sampai ke tempat tujuan dengan selamat, serta situasi kondusif sudah cukup buat saya senang,” imbuhnya. (Gin)

Jabar News | Berita Jawa Barat