Desa di Indonesia Didorong Jalankan Program Dewi Dedi

Workshop Finalisasi Menu Bursa Inovasi Desa Tahun 2019 di Hotel Grand Kemang, Jakarta, 25-29 April 2019. (Foto: Kemendesa PDTT)

"Sudah banyak desa yang sukses menjadi destinasi wisata, seperti Desa Ponggok, Klaten, Jawa Tengah, Desa Pujon, Jawa Timur, Desa Kutuh di Bali, dan Desa Panggungharjo di Daerah Istimewa Yogyakarta. PAD-nya mencapai miliaran rupiah dan dikelola oleh BUMDesa," tegasnya.

Oleh karena itu, Fachri berharap melalui Program Inovasi Desa (PID) dapat mendorong suksesnya program Desa Wisata dan Desa Digital (Dewi dan Dedi) di desa-desa agar dapat mempercepat tercapainya kemajuan, kemandirian dan kemakmuran warga desa.

Baca Juga:

Pers Suara Mahasiswa Unisba Bina Desa Wisata Digital di Subang

Gerakan Perekonomian, DPRD Jabar Segera Bahas Raperda Desa Wisata



Strategi yang ditawarkan, tambah Fachri, melalui sosialisasi ke desa-desa dan forum media pembelajaran berupa dokumen-dokumen pembelajaran, baik narasi maupu video secara massif agar terjadi proses replikasi antar desa.

"Pendamping Desa harus siap memfasilitasi dan mengawal gerakan inovasi desa dengan program Dewi dan Dedi secara lebih masif lagi," pintanya.

Seperti diketahui, gagasan program Dewi dan Dedi pertama kali disampaikan Cawapres Pasangan Joko Widodo, yakni K.H Maruf Amin pada debat Capres-Cawapres akhir Maret lalu.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Dewi Dedi Kemendesa PDTT Program Inovasi Desa Desa Wisata Desa Digital

berita terkait

Gus Menteri: SDGs Jadi Arah Pembangunan Desa

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

JMN Channel

tag populer

unduh aplikasi