Kapolrestabes Janji Akan Bawa Anggotanya Ke Proses Hukum, PWI Siap Kawal

JABARNEWS | BANDUNG – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bandung, mengecam keras tindakan oknum aparat kepolisian terhadap jurnalis Iqbal Kusumadireza dan Prima Mulia, yang tengah melaksanakan tugasnya pada aksi May Day, pada Rabu (01/05) kemarin di seputaran Jalan Dipati Ukur Bandung.

Tindakan oknum kepolisian yang melakukan kekerasan fisik dan ancaman akan menghabisi wartawan, merupakan bentuk pelecehan terhadap Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang pers.

Baca Juga:  5 Tips Untuk Mendapatkan Tidur yang Berkualitas

Sebagai penegak hukum, Polisi seharusnya tahu bahkan melindungi wartawan dalam menjalankan tugasnya. Bukan malah semakin brutal setelah tahu itu adalah wartawan. “Ini sama saja pelecehan terhadap profesi wartawan,” tegas Ketua PWI Kota Bandung, Hardiyansyah saat memberikan keterangan dikediamannya, Rabu (01/05/2019) malam.

Pasal 18 UU 40 Thn 1999 mengatur bahwa terhadap pers nasional tidak dikenakan penyensoran, pembredelan atau pelarangan penyiaran. Selain itu untuk menjamin kemerdekaan pers, pers nasional mempunyai hak mencari, memperoleh, dan menyebarluaskan gagasan dan informasi.

Baca Juga:  Ini Dia Tiga Fakta Penyebab Anak Berperilaku Tidak Sopan Pada Orang Tua

Andy panggilan akrab Hardiyansyah mengatakan, Jadi apa yang dilakukan oknum polisi tersebut jelas-jelas merupakan pelanggaran keras terhadap pasal 18 tersebut dan ancamannya adalah pidana penjara 2  tahun atau denda paling banyak Rp. 500 juta.

Baca Juga:  Gubernur Ridwan Kamil Lantik 105 Pejabat Struktural, Mayoritas Eks BKPP

“Walau demikian, dalam kesempatan ini PWI Kota Bandung mengapresiasi kepolisian Kota Bandung (Kapolrestabes Kota Bandung) yang cepat merespon dan mengakui adanya tindakan diluar kontrol yang dilakukan anggotanya,” tegasnya lagi.

Kita juga mendukung sikap Kapolrestabes Kota Bandung yang berjanji akan memproses sesuai mekanisme anggotanya. Untuk itu kita dukung dan kawal prosesnya,” jelasnya. (Red)



[Sumber: sinarpaginews.com]

Jabarnews | Berita Jawa Barat