Sekda Purwakarta: Pendidikan Harus Memajukan Kebudayaan Bangsa

JABARNEWS | PURWAKARTA – Pemerintah Kabupaten Purwakarta menggelar Apel Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Taman Pasanggrahan Padjajaran Purwakarta, Kamis (2/5/2019).

Sekretaris Daerah (Sekda) Purwakarta Iyus Permana, yang hadir sebagai inspektur upacara, mengatakan, majunya sebuah kebudayaan karena kuatnya pendidikan dalam suatu bangsa.

Sehingga menurutnya,pembangunan pendidikan di Purwakarta yang berkarakter salah satu cara memupuk pendidikan dalam berkebudayaan sesungguhnya.

Baca Juga:  Terpeleset Hendak Menumpang Truk, Pelajar Tewas Tergilas

“Dimana dalam pendidikan berkarakter dimaksudkan agar membentuk manusia berahlak mulia, berilmu, kreatif, serta mandiri dan bertanggung jawab,” ujar Iyus dalam arahannya.

Iyus mengatakan bahwa dalam perspektif yang dijalankan Kemendikbud pembangunan sumber daya manusia menekankan dua penguatan, yaitu pendidikan berkarakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dalam memasuki dunia kerja.

Apalagi hadirnya revolusi 4.0 telah mempengaruhi cara kita hidup, bekerja, dan belajar. Sehingga tangtangan kedepan terutama generasi penerus untuk memiliki daya saing.

Baca Juga:  Bawaslu Tindaklanjuti Dugaan Jual Beli Surat Suara Pemilu 2024 di Wilayah Ini

“Perkembangan teknologi yang semakin canggih pun dapat mempengaruhi cara berpikir, selain itu tangtangan kedepan agar kuat berdaya saing apalagi dengan adanya revolusi 4.0,” ucap Iyus.

Melalui momentum hari pendidikan nasional ini, Iyus mengajak kepada seluruh generasi muda termasuk para pendidik terus berkonsentrasi menggali potensi agar pendidikab bukan hanya nilai tapi esensi yang dibangun.

Baca Juga:  Ratusan Dosen dan Tenaga Kependidikan UGJ Cirebon Jalani Vaksinasi Covid-19

“Pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan sumber daya manusia yang dilandasi karakter yang kuat, keterampilan, dan kecakapan yang tinggi, sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang kompetitif,” ujar nya.

Apel peringatan Hari Pendidikan Nasional, diikuti oleh seluruh ASN Pemda, hingga para pendidik termasuk siswa di Purwakarta. (Red/Rilis)