bjb

D'Tour Destinasi Wisata Purwakarta, Munggahan Ala Pemkab Purwakarta

Kabid Pariwisata dan Kebudayaan pimpin ratusan motor dalam kegiatan D'Tour Destinasi Wisata Purwakarta. (Foto: Gingin/JabarNews)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Merawat warisan dan melestarikan suatu tradisi adalah kewajiban kita sebagai generasi muda yang harus mempertahankannya agar tetap menjadi budaya dan tidak hilang karena pengaruh globalisasi dan modernisasi.

Seperti halnya yang dilakukan Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporparbud) Kabupaten Purwakarta, menggelar acara Munggahan dengan cara D'Tour Destinasi Wisata Purwakarta.

Terlihat ratusan kendaraan roda dua yang terdiri dari pegawai Disporparbud Kabupaten Purwakarta, para penggiat pariwisata yang ada di Purwakarta dan komunitas motor, berjajar rapih bersiap tour Destinasi Wisata Purwakarta.

Kepala Bidang Pariwisata dan Kebudayaan, Heri Anwar mengatakan, ini merupakan kegiatan yang ke dua kali acara munggahan ala Disporparbud khususnya bidang Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purwakarta.

"Jadi munggahannya sambil kerja, melihat potensi-potensi Pariwisata yang yang ada di Kabupaten Purwakarta. Wisatawan yanh berkunjung ke Purwakarta terus mengalami lonjakan yang sangat signifikan, namun ada yang sugnifikan dan ada juga yang kurang. Nah itu akan menjadi evaluasi kedepan," ujar Heri, saat ditemui di sela-sela kegiatan Munggahan D'Tour Destinasi Wisata Purwakarta, Sabtu (4/5/2019).

Ia menambahkan, Ini agenda kedua yang digelar pihak Disporaparbud, dan akan menjadi agenda rutin tahunan.

Tahun 2018 yang lalu untuk rutenya, lanjut dia, kita mulai dari kantor Disporparbud, menuju tempat destinasi Wisata Kuya Maranggi Water Park di Kecamatan Bungursari, dilanjutkan menuju Kampung Kahuripan di Kecamatan Cibatu.

Baca Juga:

Pemkab Purwakarta Mendorong Kelompok Tani Lakukan Korporasi

Di Purwakarta Ada Gubuk 2x4 Meter Ditempati 8 Orang

Kemudian, menuju Pasir Lang-lang Penyerangan Ujung Aspal di Kecamatan Kiarapedes, setelah itu melanjutkan perjalanan menuju destinasi wisata Kolam Remang Jaya Tirta Abadi di Kecamatan Bojong, dan berakhir di Taman Batu Cijanun Kecamatan Bojong. 

"Di tempat finish kita acara Munggahan, balakecrakan yang telah disiapkan pengelola destinasi wisata Taman Batu Cijanun Kecamatan Bojong, nah sedangkan untuk tahun 2019 ini tempat awal pemberangkatan tidak kami rubah, namun destinasi wisatanya yang kita robah," kata Heri.

Untuk tahun 2019 ini, lanjut dia, destinasi wisata yang dikunjungi yakni pertama Giri Tirta Kahuripan, yang ada di Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta.

"Giri Tirta Kahuripan Wanayasa adalah destinasi wisata ini merupakan bagian dari agrowisata Resort Giri Tirta Kahuripan yang di dalamnya terdapat fasilitas hotel, restoran dan aneka spot keren untuk aktivitas outbound. Di tempat ini, kamu bisa mencoba sensasi mandi sembari menikmati pemandangan alam di Purwakarta dari atas ketinggian 500 mdpl. Sensasinya luar biasa dan pasti tak terlupakan," jelasnya.

Nah destinasi wisata yang kedua, tambah dia, rombongan akan mengunjungi pemandian Air Panas Ciracas, yang merupakan destinasi wisata yang telah ada sejak jaman belanda. Ini dapat dikategorikan mata air purba.

"Setelah dari Pemandian Air Panas Ciracas, kami pun melanjutkan perjalanan ke destinasi wisata Situ Wanayasa, berdekatan dengan lokasinya ada Kolam Renang Kahuripan Tirta Wanayasa. Nah, Taman Cikao Park menjadi titik akhir Munggahan D'Tour Destinasi Wisata Purwakarta ini," pungkasnya. (Gin)

Jabar News | Berita Jawa Barat

Tags : Pemkab Purwakarta Munggahan D'Tour Destinasi Wisata Purwakarta Disporparbud Kabupaten Purwakarta
properti

berita terkait

Taman Sri Baduga Bisa Jadi Venue Untuk Acara Skala Internasional

Pemkab Purwakarta Sisir Tiap Desa Gali Potensi Wisata

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi