Wakil Bupati Subang: YouTube, Media Strategis Promosi Program Daerah

JABARNEWS | SUBANG – Teknologi bisa dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk menambah pendapatan. Itulah yang dilakukan para YouTuber dari seluruh dunia untuk bisa menghasilkan uang.

Dengan menghadirkan video kreatif yang diunggah ke platform YouTube, sehingga menarik minat banyak orang untuk melihat video dan menjadi pelanggannya

YouTuber juga menjadi kekuatan baru di era digital dalam mempromosikan dan mensosialisasikan program, diantaranya program pembangunan daerah. 

“Meski potensi ini kerap tidak terlihat secara kasat mata di dunia nyata, namun tak bisa dipungkiri peran YouTuber ini sangat efektif,” kata Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi saat pengumuman dan penyerahan hadiah lomba #JawaraYoutuberSubang di Follow Mie Resto, Jl. Otto Iskandar Dinata, Subang, Minggu (5/5/2019).

Baca Juga:  Satu Minimarket Di Sukabumi Alami Kebakaran, Diduga Ini Penyebabnya

Menurut Agus, para pegiat sosial media, seperti YouTuber ini kiprahnya menjadi kekuatan baru. Selain sebagai bagian dari eksistensi mereka, YouTube ini menjadi media strategis dalam mengenalkan daerah dan program pembangunan daerah.

Ke depan, dia berharap, di luar konten khas masing-masing YouTuber, bisa menyisipkan nilai-nilai promosi daerah ke luar. 

“Subang ini punya banyak potensi wisata, tempat-tempat bagus yang bisa dieksplor untuk dijadikan bahan konten di youtube,” ucapnya.

Lomba #JawaraYoutuberSubang ini diinisiasi Portal Berita TINTAHIJAU.com sebagai bagian apresiasi kreativitas YouTuber Subang. 

“Ini salah satu apreisasi kami untuk teman-teman YouTuber Subang dengan karya-karya kreatif visualnya. Ini yang pertama kita lakukan, insya Allah tahun depan, dengan persiapan lebih matang, bisa digelar lebih besar lagi dengan menggandeng teman-teman di Komunitas YouTuber Subang,” kata Pimred TINTAHIJAU.com, Annas Nashrullah.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Libra, Scorpio dan Sagitarius: Sampaikan Dengan Baik, Ini Akan Jadi Peluang Baik ke Depannya

Secara umum, lanjut Annas, karya video harus mengandung salah satu point dari sembilan program Subang Jawara. Kemudian, penilaian video menitik beratkan pada konten dan pesan yang disampaikan, tentu saja di luar inovasi dan kreasi pembuatnya.

Ada tiga yang menjadi bagian prioritas Subang ke depan, dan ini menjadi masukan dari Youtuber Subang, yaitu sektor pertanian kaitannya dengan proyek raksasa Pelabuhan Patimban, eksistensi kesenian dan budaya tradisional, dan pengembangan potensi wisata

Baca Juga:  Video: Tega! Anggota Satpol PP Pukul Ibu Hamil saat Razia PPKM

“Adapun dari hasil penilaian tiga dewan juri, yaitu Wakil Bupati Agus Masykur, Ketua Komunitas Youtuber Frank dan TINTAHIJAU Channel Ikhsan,” pungkasnya

Berikut daftar Pememang Lomba #JawaraYoutuberSubang 

1. SSB SeseurianBareng (Pertanian)

– Konten yang diangkat merupakan realita yang ada di Kabupaten Subang,

– Kritik terhadap masing-masing indipidu dan pemerintah

2. Caswati Iqbal (Upaya eksisteni kesenian tradisional

– Konten yang diangkat bentuk keprihatinan lesunya kesenian tradisional

– Ada upaya untuk menjaga, dan melestarikan seni tradisional

3. Taufik Perisai Langit (wisata paralayang bukit santiong)

– Konten meniitik beratkan pada potensi wisata kekinian, wisata udara

(Mar)