Di Purwakarta, Pengembang Perumahan Wajib Memiliki Sistem Pengolahan Sampah

JABARNEWS | PURWAKARTA – Pemerintah Kabupaten meminta pengembang perumahan di Kabupaten Purwakarta wajib memiliki pengelolaan sampah. Permintaan ini karena masih banyaknya laporan pengaduan terkait pengelolaan pembuangan sampah terutama di perumahan – perumahan.

“Di 2018 terkait kebersihan terutama sampah, menjadi tertinggi dalam laporan ke sms center. Kedepan setiap perumahan wajib memiliki pengelolaan sampah,” ujar Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, disela sambutannya dalam acara Riung Mumpulung dengan petugas kebersihan Se-Purwakarta, di Bale Yudhistira Purwakarta, senin (31/12/2018).

Baca Juga:  Pejabat Publik Mau Ambil Paksa Partai Demokrat, Karena Integritas Disalahgunakan

Lanutnya, Ambu Anne ini secara tegas tidak akan mengeluarkan perizinan perumahan apabila pengembang perumahan tidak memiliki 5 dasar lingkungan, terutama pengelolaan sampah.

“Tidak ada izin apabila pengembang tidak memiliki pengelolaan sampahnya. Bahkan saya sudah minta kepada badan satu pintu bagi yang mengajukan izin perumahan harus memiliki pengelolaan sampah,” ujarnya.

Khusus kawasan industri, Anne pun meminta agar para pemilik kontrakan harus memiliki tempat sampah, karena sering kali menjadi keluhan masih banyaknya yang membuang sampah di sembarang tempat.

Baca Juga:  Inspiratif! Ini 20 Ucapan Selamat Lebaran Idul Fitri Buat Disebarkan

Selain itu, dirinya akan mendorong para aparat pemerintah gencar melakukan sosialisasi kebersihan lingkungan,termasuk mengatur waktu pembuangan sampah dari masyarakat.

“Sistemnya harus diperbaiki. Kalau tidak, ya kebersihan tidak terjaga. Purwakarta kan terkenal dengan kebersihannya dari dulu ya harus dijaga termasuk kesadaran masyarakat juga,” ungkapnya.

Baca Juga:  Satu Pelaku Penodong Travel Gelap Yang Mengaku Polisi Diciduk, Sisanya Masih Diburu

Ambu Anne juga mengintruksikan Lurah/Kades dan Camat untuk gencar sosialisasi kebersihan. Dan kedepan akan adan penambahan jumlah armada angkutan sampah, termasuk pemasangan CCTV di beberapa titik untuk pemantauan.

“untuk armada bertahap akan kita tambah, termasuk pemasangan CCTV di beberapa titik untuk memantau. Selain itu, saya juga minta kesadaran semua pihak pentingnya menjaga kebersihan,” pungkas Anne. (Red/rilis)

Jabar News | Berita Jawa Barat