Warga Kurang Mampu Bisa Nikmati Paket Nasi Gratis di Rengganis

JABARNEWS | BANDUNG – Rumah Singgah Humanis (Rengganis) merupakan tempat tinggal sementara yang dikhususkan untuk warga Jabar yang tengah berobat jalan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung. Bukan sekedar Rengganis, kini warga kurang mampu bisa memanfaatkan sedekah nasi gratis Kantin Mesra Rengganis (Kamarang). Kantin Kamarang ini berada di kawasan Jalan Wastukancana, Kota Bandung.

Setiap harinya disiapkan 100 paket nasi gratis yang mulai diberikan setiap pukul 12.00 WIB (jam makan siang). Penyediaan paket nasi gratis ini bagian dari program RSR. Rumah singgah ini sebagai asrama bagi keluarga dan pasien yang sedang menjalani pengobatan di rumah sakit di Bandung, seperti Rumah Sakit Hasan Sadikin.

Baca Juga:  Bentrokan Geng dengan Senjata Tajam di Cirebon, 11 Remaja Ditangkap

Ketua Jabar Bergerak Ataliya Praratya Ridwan Kamil mengatakan, pemberian paket nasi gratis di RSR berjalan berkat kerjasama dengan sejumlah sponsor dan donator.

“Tahap awal 100 paket nasi gratis, ini merupakan sumbangan dari Zoya,” kata Atalya.

Tidak hanya keluarga dan pasien yang tengah berobat, fasilitas ini pun bisa dirasakan siapapun, terutama warga kurang mampu.

Dia berharap ke depannya pemberian paket nasi gratis ini bisa diperbanyak seiring bertambahnya jumlah donator.

Baca Juga:  Jangan Main-main! Hadi Tjahjanto Siap Tindak Tegas Seluruh Mafia Tanah

“Kami tak bisa jalan sendiri dan harus berkolaborasi,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Rumah Singgah Rengganis Ingeu Suprayogi mengatakan, sejak pertama dibuka pada 21 Agustus lalu, keluarga dan pasien yang tengah berobat terus berdatangan ke RSR.

“Tidak berhenti orang datang ke sini, tamu-tamu berdatangan,” kata Ingeu saat meresmikan Kamarang, di Bandung, Minggu (6/10/2019).

Menurut dia, tamu yang singgah didominasi keluarga dan pasien yang tengah berobat di Rumah Sakit Hasan Sadikin.

“Rata-rata antara 5-12 orang per minggu. Hingga sekarang sudah 73 penerima manfaat,” kata dia.

Baca Juga:  Antisipasi Lonjakan Limbah Medis Covid-19, Pemprov Jabar Lakukan Hal Ini

Pengoperasian Rengganis ini didukung berbagai pihak. Hal ini menunjukkan keberhasilan dalam implementasi kolaborasi pentahelix.

“Kami ada dari sponsor, majelis taklim. Untuk memberi kekuatan. Terlebih RSR ini bergerak salah satunya mengatasi persoalan sosial,” kata dia.

Salah satu donatur Feni Mustafa, mengatakan, pemberian ini merupakan cita-cita mulianya sejak lama. Pada tahap awal, dia menyediakan 100 paket nasi gratis dan akan terus ditambah pada waktu berikutnya.

“Semoga akan semakin banyak yang tergerak hatinya untuk mendonasikan hartanya,” kata Feni. (Red)