bjb

Pemkab Purwakarta Launching SipilA Untuk Mudahkan Layanan Kependudukan

Disdukcapil Purwakarta. (Foto: Net)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Dinas Kependudukan & Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Purwakarta meluncurkan aplikasi pelayanan Administrasi Kependudukan SipilA (Sistem Informasi Pendaftaran Terintegrasi Adminduk).

Menurut Kepala Disdukcapil Purwakarta, Wilman Sulaeman, sistem ini bisa memudahkan masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan khususnya Pembuatan Akta Kelahiran, Akta Kematian dan Kartu Keluarga.

“Terintegrasi dalam satu layanan ini memudahkan masyarakat yang ingin membuat akta lahir, akta Kematian dan KK termasuk Kartu Identitas Anak,” ujar Wilman Sulaeman ketika ditemui di Kantor Disdukcapil Purwakarta. Jl. R.E Martadinata, Jumat (25/1/2019).

Masyarakat yang ingin membuat akta kelahiran anak bisa mengurus akta kelahiran secara online dengan mudah, melalui smartphone yang dapat di akses di alamat disdukcapilpurwakartakab.go.id.

Dalam pelayanan online ini jika telah terdaftar dan terverifikasi berkas masyarakat akan dihubungi oleh pihak pelayanan nantinya masyarakat bisa langsung mengambil berkas akta kelahiran yang baru dengan membawa syarat berkas yang sudah terverifikasi.

“Tinggal akses web disduk, masyarakat tinggal mendaftar. Apabila sudah terverifikasi masyarakat akan mendapatkan SMS pemberitahuan,” ungkap Wilman.
Baca Juga:

TKW Asal Purwakarta Yang Alami Tindak Kekerasan Di Abu Dhabi Segera Dipulangkan

Tempat Usaha Di Purwakarta Akan Dipasang Tapping Box


Sedangkan untuk KTP-el Wilman menuturkan, belum bisa dimasukan dalam sistem karena terlebih masalah ketersedian Blangko yang dibatasi oleh Kemendagri.

“Kedepan Insya Allah, untuk KTP El bisa jadi salah satu layanan yang terdapat dalam SipilA, karena kita masih menunggu stabilnya blanko dari Pusat,” ucap dia.

Selain itu, SipilA bisa menjadi layanan yang bisa memudahkan masyarakat, termasuk menghilangkan pungli dalam pelayanan Administrasi kependudukan.

“Kita harus membahagiakan masyarakat melalui pelayanan publik bahwa saat ini masyarakat tidak boleh merasakan antrian panjang, masyarakat tidak boleh merasakan pelayanan yang tidak baik. Dan dengan aplikasi SipilA ini dapat memudahkan akses pelayanan masyarakat,” ucap Wilman. (Red/rilis)

Jabar News | Berita Jawa Barat
Tags : SipilA Disdukcapil Purwakarta Sistem Kependudukan Purwakarta

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi