Partai Gerindra Berpeluang Duduki Kursi Ketua DPRD Jabar

JABARNEWS | BANDUNG – Partai Gerindra berpeluang akan merebut kursi Ketua DPRD Jabar dari PDI Perjuangan. Hal itu ketahui usai KPU Jabar melaksanakan rapat pleno Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Pemilu Serentak 2019, Senin (13/5/2019).

Berdasarkan pleno tersebut, seperti dikutip dari inilah.com, Partai Gerindra merebut 25 dari 120 kursi DPRD Jabar. Perolehan kursi tersebut merupakan perolehan tertinggi di antara partai peserta pemilu lainnya.

Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Jabar Bidang Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (OKK) Bucky Wikagoe mengatakan, perolehan suara tersebut merupakan bukti keberhasilan seluruh komponen di Jabar. Kemenangan di Jabar sudah menjadi target sejak awal dari Partai Gerindra.

“Walaupun sebelumnya masih di luar target. Target awal kita sih bisa 30 persen. Tetapi apapun itu, kita syukuri bisa leading di Jabar,” kata Bucky, Selasa (14/5/2019).

Kemenangan tersebut ujar Bucky, tidak terlepaskan dari kondisi Pilpres 2019. Dalam Pemilu 2019 ini, perolehan kursi Gerindra meningkat tajam. Dari rekapitulasi kemarin, Partai Gerindra juga meloloskan 17 kursi DPR RI, sedangkan untuk kursi DPRD kota/kabupaten se-Jabar memperoleh lebih dari 200 kursi.

Baca Juga:  Dinkes dan Disdik Kabupaten Tasikmalaya Butuh Pegawai

“Untuk kursi Ketua DPRD, kita belum menyiapkan kadernya. Yang pasti kita banyak potensi untuk menduduki kursi itu. Sekarang masih konsentrasi pada hasil Pilpres 2019 dulu. Terima kasih buat warga Jabar yang sudah menaruh kepercayaan kepada Gerindra. Semoga wakil rakyat kami mengabdi untuk masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Jawa Barat Rifqi Ali Mubarok menyatakan, telah mengesahkan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 dari 27 kabupaten dan kota.

“Untuk hasil perolehan suara itu tidak ada masalah. Jadi sudah dipastikan hasil perolehan suara untuk 27 kota kabupaten tidak ada selisih dan kita sudah sahkan tinggal penetapannya saja,” kata Rifqi.

Rifqi menjelaskan, semua daerah sudah menyelesaikan hasil penghitungan suara, termasuk Kabupaten Bekasi yang sebelumnya terkendala menuntaskan rekapitulasi suara.

“Jadi yang perbaikan tinggal menyisakan dua daerah, Kabupaten bekasi dan Kota Cirebon. Yang sudah kita tetapkan 25 kota kabupaten. Tapi dari yang diperbaiki hanya data pemilihnya,” ujarnya.

Baca Juga:  Wali Kota Bandung Diminta Kemendagri Segera Lantik Sekda

Berikut daftar Caleg Partai Gerindra DPRD Jabar yang lolos dalam Pemilu 2019.

Dapil 1 Kota Bandung & Kota Cimahi Arif Hamid Rahman, Buky Wibawa

Dapil 2 Kabupaten Bandung Dadang Kurniawan

Dapil 3 Kabupaten Bandung Barat Tobias Ginanjar Sayidina

Dapil 4 Kabupaten Cianjur Mirza Agam Gumay

Dapil 5 Kabupaten Sukabumi & Kota Sukabumi Lina Ruslinawati, Sopyan

Dapil 6 Kabupaten Bogor Ricky Kurniawan, Prasetyawati, Cecep Gogom

Dapil 7 Kota Bogor Ibnu Ariebowo Kusumo

Dapil 8 Kota Bekasi & Kota Depok Abdul Harris Bobihoe, Rizki Apriwijaya

Dapil 9 Kabupaten Bekasi Syahrir, Irpan Haeroni

Dapil 10 Kabupaten Karawang & Puwakarta Gina Fadlia Swara, Ihsanudin

Dapil 11 Kota Subang, Sumedang & Majalengka Heri Ukasah Sulaeman, Taufik Hidayat

Dapil 12 Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon & Indramayu Daddy Rohanady, Kasan Basari

Dapil 13 Kabupaten Kuningan, Ciamis, Kota Banjar & Pangandaran Tina Wiryawati

Dapil 14 Kabupaten Garut Deden Galih

Dapil 15 Kabupaten Tasikmalaya & Kota Tasikmalaya Viman Alfarizi Ramadhan, Ali Rasyid.

Baca Juga:  Sejak 2014 KKP Sudah Tenggelamkan 516 Kapal Ilegal

Sementara untuk DPR RI, Partai Gerindra meloloskan 17 calegnya. Mereka adalah Sodik Mudjahid (Dapil Kota Bandung & Kota Cimahi), Rachel Maryam Sayidina dan Iis Edhy Prabowo (Kabupaten Bandung & Kabupaten Bandung Barat), Ahmad Riza Patria dan Endang Setyawati Thohari (Kabupaten Cianjur & Kota Bogor), Heri Gunawan (Kabupaten Sukabumi & Kota Sukabumi), Fadli Zon dan Mulyadi (Kabupaten Bogor).

Kemudian ada Nuroji (Kota Bekasi & Kota Depok), Obon Tabroni dan Putih Sari (Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Karawang & Kabupaten Bekasi), Kardaya Warnika (Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu & Kota Cirebon), Jefry Romdonny (Kabupaten Majalengka, Kabupaten Sumedang & Kabupaten Subang), Ardhya Pratiwi S (Kabupaten Ciamis, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Banjar & Kabupaten Pangandaran), Husein Fadlulloh, Subarna, dan Ervin Luthfi (Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmlaya & Kota Tasikmalaya). (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat