Tahun 2019, Penukaran Uang Receh di Tasikmalaya Meningkat

JABARNEWS | TASIKMALAYA – Menjelang perayaan hari raya Idul Fitri 2019, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Tasikmalaya menyiapkan Rp 3,92 triliun uang pecahan baru untuk wilayah Priangan Timur.

Menurut Haru Saptaji selaku Kepala KPW Bank Indonesia Tasikmalaya, jumlah yang disiapkan tahun ini jauh lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini karena, pada tahun ini terjadi peningkatan yang cukup signifikan.

“Jika kita total peningkatannya itu sekitar 13,4 persen dari tahun sebelumnya. Maka karena hal itulah alasannya,” ungkap Heru ke sejumlah awak media, Kamis (16/05/2019) Sore tadi.

Baca Juga:  Sabet Emas 10 Kali, Atlet Paralimpik Ini Kini Jualan Kerupuk

Lanjut Heru, peningkatan tersebut jelas terlihat. Pada tahun lalu pihaknya hanya menyiapkan uang senilai Rp 3,41 triliun, sementara tahun ini sekitar Rp 3,92 triliun.

“Sedangkan ditahun ini kami siapkan sebesar Rp 3,92 triliun, jelas itu meningkat,” terangnya.

Nantinya, Heri mengatakan, dari nilai tersebut akan dipecah menjadi pecahan uang baru. Pihaknya menyiapkan pecahan tersebut menjadi dua jenis.

“Pertama kita siapkan Rp 3,59 triliun uang pecahan besar (Pecahan Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu). Sementara sisanya Rp 0,33 triliun uang pecahan kecil (di bawah Rp 50 ribuan),” jelasnya.

Baca Juga:  Siap Jaga TPS Di Pemilu, Pramuka Kwarda Jabar Lantik Saka Adhiyaksa

Selain itu, lanjut dia, pada di bulan Ramadan tahun ini, layanan penukaran uang bisa dilakukan di sebanyak 29 bank dan 19 BPR yang tersebar di Priangan Timur. Bahkan, penukaran uang, itu juga bisa melalui layanan kas prima, tidak hanya di bank umum dan BPR.

“Ia hal itu sebagai guna memenuhi kebetuhan masyarakat,” katanya.

Baca Juga:  Kapolda Pimpin Deklarasi Anti-Hoaks Di Subang

Sambung Heri, demi memenuhi kebutuhan masyarakat, pihaknya juga tengah berusaha untuk mengoptimalkan kas keliling, baik yang di dalam kota maupun di luar kota.

“Kas keliling terus hadir di pusat-pusat keramaian, bahkan hal itu sudah kita mulai dari beberapa waktu lalu,” paparnya.

“Dalam layanan kas keliling BI bekerjasama dengan 7 bank. Dan bisa ditemui di operasi pasar murah yang digelar di sejumlah tempat selama ramadan.” tambahnya. (Yud).