Jasa Tirta II Terjunkan Tim Untuk Pantau Kondisi Bendung Leuwi Nangka

Jasa Tirta II Jatiluhur, menerjunkan tim gabungan untuk menginspeksi saluran irigasi di Bendung Leuwi Nangka Subang, Jumat (17/5/2019). (Foto: Mar/JabarNews)

JABARNEWS | SUBANG - Jasa Tirta II Jatiluhur, menerjunkan tim gabungan untuk memantau kondisi bendungan dan saluran irigasi. Salah satunya, saluran yang membentang ke Bendung Leuwi Nangka, di Kampung Warasan, Kelurahan Dangdeur, Kecamatan Subang. Pasalnya, bendung tersebut merupakan konstruksi vital dalam pengaturan air untuk kepentingan pertanian.

Tim yang diterjunkan merupakan gabungan dari Jasa Tirta II dan BBWS Citarum. Mengingat, Bendung Leuwi Nangka ini pengelolaannya ada di Jasa Tirta II. Sedangkan, kewenangan pemeliharannya ada di BBWS Citarum. Karena itu, di pergantian musim ini, inspeksi saluran air sangatlah penting.

Baca Juga:

PJT Gelar Olahraga dan Wisata Air di Waduk Jatiluhur

PJT II Lakukan Gebrakan Promosi Wisata Waduk Jatiluhur



"Kita ingin mengecek juga, sejauh mana kondisi bendung ini berikut pintu-pintu airnya," ujar Direktur Utama Jasa Tirta II Saefudin Noer, Jumat (17/5/2019).

Bendung Leuwi Nangka ini ujar Saefudin, usianya sudah sangat tua. Dibangun kali pertama pada 1926 lalu atau saat masa penjajahan Belanda. Setelah itu direnovasi pada 2012 lalu. Tetapi, dua tahun kemudian tanggul bendung ini jebol.

Kemudian, dibangun bendung baru pada tahun 2013 dan selesai pada tahun 2016, saat ini Bendung Leuwi Nangka mampu mengairi areal persawahan seluas 4.300 hektare ini dan sudah beroperasi dengan baik lagi. Pemeriksaan dan pemeliharaannya harus rutin dilakukan, agar titik-titik kerusakan bisa terpantau sedini mungkin.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Jasa Tirta II Saluran Irigasi Bendung Leuwi Nangka

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi