Pemdaprov Jabar Sebarkan Maskara Disetiap Desa

JABARNEWS | BANDUNG – Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jawa Barat akan menyebarkan Mobil Aspirasi Kampung Juara (Maskara) ke setiap desa di Jabar.

Hal tersebut dikatakan Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum saat peluncuran Maskara di Sasana Budaya Ganesha Bandung, Rabu (15/5/2019).

Maskara merupakan inovasi Pemdaprov demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Nantinya, Kepala Desa yang bertugas mengelola Maskara.

“Ini adalah inovasi kami untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat oleh para Kades. Kami mendesain khusus mobil ini agar multifungsi, sehingga dengan mobil ini pelayanan bisa lebih baik,” katanya, dilansir dari laman Jabarprov.go.id.

Baca Juga:  Ganjar Pranowo Minta Relawannya Tidak Sebar Hoaks, Ini Isi Peringatannya

Menurut Uu Ruzhanul, mobil pelayanan canggih tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat desar untuk mengangkut hasil pertanian, hiburan, dan Pondok Bersalin Desa (Polindes).

“Ada fungsi hiburannya seperti layar tancap, hajatan dan poliklinik,” ujarnya.

Tahap pertama Pemdaprov Jabar menyediakan 120 unit. Jumlah tersebut akan terus bertambah setiap tahunnya. Selain itu, kata Uu Ruzhanul, Pemdaprov Jabar menggandeng pihak swasta, supaya pendanaan Maskara tak hanya bersumber dari APBD.

Baca Juga:  Mengenal Serda Adhini, Pramugari Pesawat Kepresidenan yang Sedang Viral

“Ini untuk 120 desa dulu, tapi nanti berlanjut dan jumlahnya akan bertambah dari donatur. Karena kita tidak hanya menggunakan dana APBD saja, tapi dari swasta,” ucapnya.

Sementara itu, desa pertama yang dapat mengoperasikan Maskara adalah Desa Majasari yang berstatus sebagai desa terbaik se-Jabar. Apalagi, pada 2016, Desa Majasari merupakan salah satu desa terbaik di Indonesia.

Baca Juga:  Miss England Muslimah Ini Ingin Ubah Paradigma Tentang Muslim

Oleh karena itu, Uu Ruzhanul berharap desa lain dapat meniru Desa Majasari.

“Saya berikan pertama kepada desa Majasari yang pernah juara desa nasional dan desa lain harus menirunya. Saya harap para Kades merawat dan memanfaatkan kehadiran Maskara,” kata Uu Ruzhanul. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat