Kedubes AS Keluarkan Peringatan Keamanan Jelang Pengumuman Pemenang Pilpres

JABARNEWS | JAKARTA – Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat (AS) di Jakarta mengeluarkan peringatan keamanan terkait pengumuman KPU RI tentang hasil Pemilu serentak pada 22 Mei mendatang. Peringatan keamanan ini dikeluarkan untuk seluruh wilayah Indonesia, pada Jum’at (17/5/2019).

Dalam situsnya, Kedutaan Besar Amerika di Jakarta mengatakan “pejabat-pejabat kepolisian Indonesia telah menyatakan secara terbuka peningkatan risiko terorisme terkait finalisasi hasil pemilu” dan “media juga telah melaporkan penangkapan sejumlah orang dengan tuduhan terorisme.”

Baca Juga:  Mampir Depot Jamu, Polisi Amankan Miras Berbagai Merek di Cianjur

Dilansir dari laman voaindonesia.com, Kedutaan Besar Amerika di Jakarta juga memperingatkan terus berlangsungnya demonstrasi di badan terkait pemilu dan beberapa lokasi publik di pusat kota Jakarta, termasuk kantor KPU di Menteng dan kantor Bawaslu di Thamrin. Demonstrasi juga diperkirakan akan terjadi di beberapa kota lain, seperti Surabaya dan Medan.

“Polisi mengatakan akan menempatkan personil keamanan tambahan di tempat-tempat terkait pemilu dan lokasi publik lain di Jakarta,” tulis pengumuman yang dirilis Jumat sore itu. Hal ini diperkirakan akan membuat terjadinya penutupan sejumlah jalan dan gangguan lalu lintas yang signifikan di lokasi-lokasi di mana terjadi demonstrasi.

Baca Juga:  Simak! Ini Jadwal Polrestabes Bandung Gelar Operasi Zebra Lodaya 2020

Lebih jauh Kedutaan Besar Amerika di Jakarta mengingatkan warga Amerika untuk menghindari lokasi-lokasi di mana terjadi demonstrasi dan pawai politik dan “berhati-hati jika berada di sekitar lokasi tersebut.”

Baca Juga:  Simak! Inilah Bukti Sejarah Keramik Plered Purwakarta

Warga Amerika juga diminta mengikuti pemberitaan di media tentang acara-acara lokal, mewaspadai lingkungan di sekitar dan senantiasa mempraktikkan kesadaran keamanan pribadi.

Mereka yang belum mendaftar di Smart Traveller Enrollment Program (STEP) untuk mendapat informasi keamanan, diserukan untuk segera mendaftar. Juga mengikuti informasi terkini yang disampaikan di jaringan sosial media Kedutaan Besar Amerika di Jakarta dan kantor konsulat di Surabaya. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat