Sejumlah Titik di Gunung Padang Longsor

Situs Megalitikum Gunung Padang. (Foto: pegipegi.com)

JABARNEWS | CIANJUR - Akibat curah hujan yang tinggi, sejumlah titik di kawasan Situs Megalitikum Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat mengalami longsor. Agar tidak meluas hingga lokasi utama situs, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur bersama juru pelihara dan warga sekitar, berusaha membangun pagar penahan tanah di area timur Situs Gunung Padang yang longsor.

“Tebing bagian timur dan barat Gunung Padang mengalami longsoran dan dikhawatirkan akan terus terjadi pengikisan akibat hujan yang berdampak pada kelestarian situs,” kata juru pelihara Gunung Padang, Nanang Sukamana saat dihubungi Jumat (17/5/2019).

Baca Juga:

Tebing Longsor, Warga Sindanglaya Cianjur Kesulitan Air Bersih

Tinjau Lokasi Longsor, Bupati Subang Minta Dinas PUPR Segera Perbaiki Tanggul



Ia menjelaskan, sebelum longsor terjadi warga sempat melihat retakan di sejumlah titik namun belum ditangani, sehingga retakan tersebut berujung pada longsoran yang cukup besar.

“Untuk lereng bagian timur mengalami longsoran sepanjang 30 meter dengan ketinggian sekitar 70 meter sedangkan lereng bagian barat, longsoran hanya selebar 7 meter. Meskipun jaraknya masih jauh ke lokasi utama situs,” katanya.

Sehingga berbagai upaya dilakukan salah satunya dengan memasang pasak bambu di sekitar longsoran agar tidak meluas. Namun pihaknya berharap ada penanganan lebih lanjut untuk mencegah retakan atau longsor susulan karena kawasan cagar budaya terancam rusak.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Gunug Padang Longsor Gunung Padang BPBP Cianjur Longsor

berita terkait

Tertimpa Rumpun Bambu, Dua Rumah di Ciwidey Alami Kerusakan

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi