bjb

Begini Ngabuburit Ala Danyon Armed 9 Pasopati Kostrad

Danyon Armed 9 Pasopati Kostrad, Mayor Arm Andi Achmad Afandi bersama anggota mengecek dan memanaskan mesin meriam Caesar di Markas Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad, Jalan raya Sadang-Subang, Purwakarta.

JABARNEWS | PURWAKARTA - Ada beberapa cara yang dilakukan umat Islam untuk menunggu waktu berbuka puasa, yang populer dengan istilah ngabuburit. Selain dengan beribadah, ada juga yang mengisi dengan kegiatan positif lainnya, seperti yang dilakukan oleh Komandan Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad, Mayor Arm Andi Achmad bersama personel Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad, Danyon mengecek rutin dan melakukan perawatan Meriam Caesar.
Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad merupakan salah satu satuan Batalyon tercanggih TNI AD saat ini karena memiliki Alutsista modern. Di antaranya mengawaki Meriam Caesar 155 mm.
Karena itu Yonarmed 9 dituntut mampu mengoptimalkan perawatan sekaligus pemeliharaan Alutsista Meriam Caesar tersebut secara rutin, sesuai prosedur maintenance yang telah ditentukan.


Caesar merupakan meriam yang berada diatas truk bermesin Renault mampu melaju 82 km/jam dan mempunyai kemampuan untuk memuntahkan 6 amunisi dalam 1 menit dengan jarak tembak sejauh 39 km.
Baca Juga:

TKW Asal Purwakarta Yang Alami Tindak Kekerasan Di Abu Dhabi Segera Dipulangkan

Tempat Usaha Di Purwakarta Akan Dipasang Tapping Box

"Setiap harinya kita membersihkan, dan meanaskan mesin meriam Caesar ini sebagai salah satu bentuk perawatan dari alutsista andalan baru artileri Angkatan Darat (AD) dalam pertempuran. Nah sambil ngabuburit kita cek semuanya," kata Mayor Arm Andi Achmad Afandi, saat ditemui di Markas Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad, Sabtu (18/5/2019). 
Caesar 155, lanjut dia, merupakan meriam 155 mm yang selalu digendong oleh truk bermesin Renault ke mana pun bergerak. Truk berbobot 19 ton ini memiliki laju maksimum 82 KM/jam, sehingga sangat ampuh untuk mobilitas tinggi.
"Konsepnya, dalam pertempuran nanti, setelah Caesar 155 digunakan melepaskan amunisi untuk menghancurkan target, maka alat persenjataan ini bisa langsung berpindah tempat, sehingga sulit dideteksi musuh," kata perwira TNI yang terkenal dengan keramahannya itu.
Terlihat Danyon bersama personelnya nampak asik melakukan pengecekan meriam yang dioperasikan oleh 5 prajurit dengan sistem penjajaran, otomatis atau komputerisasi dan dilengkapi komputer.
Usai melihat Pemanasan dan pengecekan meriam Caesar, Mayor Arm Andi Achmad Afandi berkeliling Bataliyon Armed 9 Pasopati Kostrad untuk berinteraksi dengan anggota serta keluarga sambil menunggu azan magrib. (Gin)
Jabar News | Berita Jawa Barat
Tags : Batalyon Armed 9 Kostrad Purwakarta Mayor Arm Andi Achmad Afandi Ngabuburit

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi