Jalan Pertanian di Desa Tegalurung Mulus Berkat Dana Desa

JABARNEWS | INDRAMAYU – Jalan pertanian di Desa Tegalurung, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, saat ini sudah mulus berkat dibangun melalui Dana Desa.

Pemanfaatan Dana Desa untuk membangun infrastruktur jalan pertanian bertujuan agar distribusi hasil panen para petani semakin lancar dan mudah.

“Pembangunan jalan pertanian adalah salah satu program yang kita kembangkan dari pemanfaatan Dana Desa ,” kata Kepala Desa Tegalurung Ahmad Fahmi di Indramayu, Minggu (19/5/2019) dilansir dalam laman Antara.com.

Fahmi menuturkan sebagian besar warga yang berada di Desa Tegalurung merupakan petani, petambak dan juga perantau baik di dalam negeri maupun di luar negeri atau menjadi pekerja migran.

Baca Juga:  Regulasi Penggunaan Plastik Tunggu Persetujuan Menteri LH

Untuk luas lahan pertanian sendiri khususnya padi di Desa Tegalurung, kata Fahmi, mencapai 170 hektare dan hanya mempunyai satu akses yang membelah area persawahan itu.

Sebelum ada dana desa akses atau jalan pertanian itu hanya berupa tanggul irigasi tanah liat dan ketika musim hujan menjadi kendala bagi para petani, karena jalannya berlumpur, sehingga menyulitkan untuk mengangkut hasil panen.

Baca Juga:  Bus AKAP Sudah Beroperasi, Terminal Ciganea Bisa Layani Tujuan ke Jakarta

“Lahan persawahan kami itu seluas 170 hektare, sebelah barat 120 hektare lebih dan sebelahnya 40 hektare lebih dan satu-satunya akses itu dulunya merupakan jalan setapak yang tidak diaspal,” ujarnya.

Kondisi tersebut tentu menyulitkan para petani ketika musim panen tiba dan juga hujan, di mana mereka harus bersusah payah untuk dapat mengangkut hasilnya ke jalan raya.

Hal tersebut, lanjutnya, membutuhkan biaya yang tidak sedikit karena harus menggunakan tenaga yang lebih banyak lagi.

Fahmi mengatakan ketika tidak ada Dana Desa, baginya sangat mustahil untuk menjadikan jalan pertanian itu bisa semulus sekarang, karena membutuhkan dana yang tidak sedikit, apalagi jalannya cukup panjang.

Baca Juga:  Isu Lingkungan Selesai Untuk Divestasi Freeport Rampung

Namun seiring berjalannya waktu, kata Kepala Desa yang sudah dua kali menjabat itu, ada harapan ketika Pemerintah Pusat menggulirkan Dana Desa.

“Tapi alhamdulillah sekarang jalan pertanian kita sudah mulus dan diaspal, ini bisa membantu distribusi hasil panen para petani lebih cepat dan mudah,” katanya. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat