Gegara Sebar Ujaran Kebencian, Pilot Diamankan Polisi

Ilustrasi. (Foto: kanalaceh.com)

JABARNEWS | JAKARTA - Seorang pilot salah satu maskapai penerbangan berinisial IR berhasil diamankan Polres Jakarta Barat lantaran diduga menyebarkan ujaran kebencian, berupa pesan yang menyesatkan dan ajakan perlawanan di sosial media.

“Benar kami telah menangkap seorang pilot yang menyebarkan ujaran kebencian di media sosial dan melanggar UU ITE. Pelaku berinisial IR kedapatan menyebarkan pesan yang bermuatan ujaran kebencian atau hate speech secara masif dan menyesatkan melalui akun Facebook IR,” kata Kasatreskrim Polres Jakarta Barat AKBP Edy Suranta Sitepu dalam keterangannya, Minggu (19/5/2019).

Baca Juga:

Beri Peringatan melalui Direct Message, Begini Cara Kerja Virtual Police

Soal Revisi UU ITE, Pengamat: Harus Berlaku Adil



Edy mengungkapkan, IR melalui akun Facebook-nya memposting tulisan dengan konten ujaran kebencian serta narasi-narasi yang mengandung teror dan hasutan. Salah satunya, IR menghasut masyarakat untuk melakukan perlawanan pada tanggal 22 Mei 2019.

“Dalam postingannya, IR menyebarkan konten ujaran kebencian serta narasi-narasi yang mengandung teror, hasutan, dan menakutkan. Salah satunya, pesan yang disebarkan melalui akun Facebook-nya adalah menghasut masyarakat untuk melakukan perlawanan pada tanggal 22 Mei 2019 saat pengumumam resmi hasil rekapitulasi KPU RI,” jelas Edi.

Selain memposting konten yang mengandung hasutan dan mengandung teror, pelaku juga telah melakukan penyebaran konten-konten hoax, salah satunya adalah ‘Polri siap tembak di tempat perusuh NKRI.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Ujaran Kebencian Pilot Ditangkap Polres Jakarta Barat UU ITE

Live Stream Bandung 132 TV

berita terkait

Dua Tim Revisi UU ITE Dibentuk Pemerintah, Tugasnya Untuk Ini

PBNU: UU ITE Mesti Dikembalikan Pada Awal Dibentuknya 

Berantas Buzzer Penyebar Hoax, Komisi I DPR Akan Revisi UU ITE

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

JMN Channel

tag populer

unduh aplikasi