DPRD Jabar Komisi II Desak Pemprov Perhatikan Nasib Peternak Ayam

JABARNEWS | BANDUNG – Ketua Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat Didi Sukardi mendesak Pemerintah Provinsi Jawa Barat segera mengambil kebijakan agar lebih memperhatikan para kelompok peternak ayam di Jawa Barat.

Menurutnya saat ini kondisi peternak ayam di Jawa Barat tengah mengalami permasalahan yang cukup kompleks. Salah satunya permasalahan naiknya harga bibit ayam atau Day Old Chicken (DOC), yang dikhawatirkan akan berimbas pada kerugian yang dialami oleh para peternak.

Baca Juga:  Erick Thohir: Gaji Tambahan untuk Pekerja Cair September

Hal tersebut diungkapkan Didi saat melakukan kunjungan kerja Komisi II DPRD Jabar ke Balai Pengembangan Perbibitan Ternak Unggas Jatiwangi Kabupaten Majalengka, Kamis (16/5/19).

Didi menambahkan selain naiknya harga bibit ayam, kendala anggaran pangan, terjadinya anomali penyakit unggas, hingga minimnya alat penetas adalah permasalahan yang dialami oleh sebagian besar masyarakat peternak ayam di Jawa Barat.

Baca Juga:  Mahfud MD Pastikan Ketua PSSI Mundur di KLB

“Saya berharap Pemprov perlu mengambil kebijakan yang cepat dan tepat untuk selamatkan peternak yang menjadi penggerak ekonomi masyarakat. Pemerintah juga harus memberikan ruang kepada peternak rakyat agar bisa bertahan dan berkembang,” ujarnya.

Didi menambahkan, Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat akan segera menindaklanjuti permasalahan tersebut dengan melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait.

Baca Juga:  Zainudin Amali Minta Pemain Timnas Indonesia Manfaatkan Momenum Piala Dunia U-17, Ini Tujuannya

“Kami tentunya akan selalu berkoordinasi dengan dinas bersangkutan untuk mencegah tingginya biaya sarana produksi seperti naiknya harga bibit ayam sehingga kerugian yang bersifat ekonomi dapat ditekan seminimal mungkin” ujarnya. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat