31 Wartawan Lolos Uji Kompetensi Wartawan Dewan Pers

o

JABARNEWS | BANDUNG – Sebanyak 31 dari 38 wartawan dinyatakan lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Dewan Pers Angkatan 27 dan 28 yang diadakan Pokja Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bandung di Hotel Trans Luxury, Bandung, pada Rabu-Kamis (24-25 April 2019).

Direktur UKW PWI Pusat, Rajab Ritonga mengatakan, kegiatan ini telah dilakukan PWI Kota Bandung bersama Dewan Pers (DP) dalam rangka meningkatkan kemampuan wartawan secara profesional sesuai yang diamanatkan Undang-undang Pers No.40 Tahun 1999.

“Sampai kini kita akan terus melakukan UKW di berbagai daerah guna meningkatkan kualitas wartawan agar bisa bekerja secara profesional sesuai undang-undang pers dan kode etik jurnalistik,” ujarnya kepada pers.

Baca Juga:  Pengedar Sabu Asal Yogyakarta Diringkus Polres Metro Bekasi

Sedang Ketua Pokja PWI Kota Bandung, Hardiyansyah menambahkan, dari 38 peserta UKW yang ikut, sebanyak 31 wartawan dinyatakan kompeten dan lulus sesuai aturan yang ditetapkan Dewan Pers.

“Selamat buat mereka yang telah dinyatakan berkompeten. Sedang untuk PWI Kota Bandung, kegiatan UKW ini adalah yang ke-4 kali. Kita akan terus melaksanakan kegiatan serupa setiap tahun,” ucapnya.

Baca Juga:  Aktivis Cium Aroma Korupsi, Tiada Angin Atau Hujan Patung Egrang "Kebanggaan" Purwakarta Roboh

Kegiatan ini terselenggara atas dukungan dari LPS (Lembaga Penjamin Simpanan), Bank Bjb, PT. Pos, BJb Syariah dan Pemerintah Kota Bandung.

Pada kesempatan yang sama, Ketua PWI Jabar, Hilman Hidayat dalam penutupan kemarin berharap kepada seluruh anggota PWI Jawa Barat yang belum mengikuti UKW untuk ikut pada waktu mendatang.

“Sekarang ini di Jawa Barat terdapat sekitar 1500an wartawan dan dari jumlah tersebut, baru sekitar setengahnya yang telah mengikuti UKW. Atas dasar itu, saya menghimbau rekan-rekan wartawan senior juga untuk ikut, tanpa harus merasa sungkan,” paparnya.

Baca Juga:  Penyebar Paham Sensen Presiden Indonesia Tidak Gila


Dalam kegiatan UKW tersebut, juga sehari sebelumnya digelar Forum Group Discussion (FGD). Sedang para penguji dari Dewan Pers antara lain, Kamsul Hasan (Jakarta), Rajab Ritonga Direktur UKW Rajab Ritonga (Jakarta), Hendro Basuki (Semarang), M. Nasir (Jakarta), lsmet Rauf (Jakarta), Wawan Djuwarna (Bandung), Refa Riana (Bandung), Admin UKW, Taty Faiimah & Winarti Setiani (Jakarta) dan Ketua PWI Jabar Hilman Hidayat dan peserta UKW Dewan Pers. (rob)