aqua

Menteri Eko: Saatnya Desa Berkontribusi untuk Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Menteri Desa, Eko Putro Sandjojo saat menghadiri kegiatan sosialisasi dan buka puasa bersama Ditjen PPMD serta Penandatanganan pakta integritas, Kamis (23/5/2019). (Foto: Humas Kemendesa)

JABARNEWS | JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo mengatakan, sudah saatnya desa menjadi penyumbang kontribusi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Jika sekarang pertumbuhan ekonomi negara masih di kisaran 5 persen, maka ke depan, bisa mencapai 6-7 persen per tahun. Caranya, desa mesti mengambil peran dan memberi kontribusi.

“Sudah saatnya desa mengambil peran itu (mendorong pertumbuhan ekonomi). Desa-desa kita sudah banyak berstatus berkembang, maju, dan mandiri. Saat ini, jumlah desa tertinggal dan sangat tertinggal terus menurun,” kata Menteri Eko dalam kegiatan sosialisasi dan buka puasa bersama, Kamis (23/5/2019), di Hotel Bidakara Jakarta.

Baca Juga:

Gus Menteri: Satu Desa Bisa Punya Puluhan BUMDesma

Gus Menteri: RPP BUM Desa Rampung, Segera Dibahas Lintas Kementerian



Perlu saudara-saudara ketahui, ujar Eko, Indonesia saat ini sudah berada di peringkat 15 dunia dari sisi pertumbuhan ekonomi. Dan untuk kawasan Asia Tenggara, negara ini yang memiliki prospek ekonomi yang baik. Dan pada 2045 nanti, kekuatan ekonomi Indonesia diproyeksikan menempati peringkat 5 dunia.

“Salah satu kuncinya ada di desa. Negara kita yang begitu luas ini harus kita kelola dan manfaatkan dengan sebaik mungkin potensi SDA dan SDM-nya,”tutur Menteri Desa.

Olehnya karena itu, sebagai tulang punggung Kemendesa, Menteri Eko meminta Ditjen PPMD agar bisa mempertahankan pencapaian dan kinerjanya yang sekarang. Profesionalitas dan kekompakan harus senantiasa dijaga. Jangan ada yang melanggar etika, disiplin dan sumpah jabatannya.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4
Tags : Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo Menteri Eko Dana Desa Ekonomi Indonesia Ditjen PPMD Buka Puasa Bersama

berita terkait

Gus Menteri: SDGs Jadi Acuan Kades untuk Membangun Desa

Gus Menteri Yakin Provinsi Kepulauan Babel akan Alami Kemajuan

Gus Menteri Berpidato Dalam Sidang Paripurna Istimewa DPRD Babel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi