Libur Lebaran, RSHS Tetap Buka dan Siagakan Pelayanan

JABARNEWS | BANDUNG – Kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di RSUP dr. Hasan Sadikin menjelang dan setelah libur Idul Fitri tetap tinggi, membuat RSUP dr Hasan Sadikin memaksimalkan pelayanan kesehatan. Apalagi, mengingat tahun-tahun sebelumnya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan RSHS cukup banyak.

Hal itu terlihat dari tahun 2018 tercatat jumlah kunjungan pada H-7 hingga H+7 Idul Fitri rata-rata 116,37 pasien per hari dengan jumlah 1862 pasien. Tiga Diagnosa terbanyak secara berurutan adalah Trauma Kepala, Dispepsia, dan Hipertensi.

“Kami terus memaksimalkan pelayanan terhadap kebutuhan masyarakat seperti untuk melayani pasien Rawat Jalan, RSHS membuka pelayanan Poliklinik Siaga bertempat di Gedung Anggrek pada 31 Mei, 3,4 dan 7 Juni 2019,” papar Dirut RSHS dr R Nina Susana Dewi, Sp.PK(K)., M.Kes., MMRS., pada acara Silaturahmi Media dan Jajaran RSHS, Jumat (24/5/2019).

Baca Juga:  Jangan Sembarang Bersihkan Noda Pada Jok Mobil, Begini Caranya

Ia juga menerangkan, fasilitas kesehatan akan seperti biasa bisa dimanfaatkan pada libur Idul Fitri. Contohnya, klinik yang tersedia di Poli siaga adalah Penyakit Dalam, Kesehatan Anak, Bedah Umum dan Obstetri dan Ginekologi.

Baca Juga:  Polisi Amankan Penjambret PNS Denpomdam III Siliwangi

“Pendaftaran pasien dimulai pukul 7.30 WIB sampai dengan 12.00 WIB dan pelayanan hingga pukul 14.00. Loket pendaftaran akan dibuka 6 loket untuk pasien JKN, Umum, Jamkesda serta kontraktor. Yang pasti, kami juga telah menyiapkannya dengan SDM yang bisa diandalkan,” tuturnya.

Adapun pelayanan lain yang tetap beroperasional di antaranya IGD 24 jam, COT Emergency – Bedah Sentral untuk operasi CITO, Pelayanan Rawat Inap dan Intensif, Pelayanan Hemodialisa, serta pelayanan penunjang lainnya seperti radiologi, Laboratorium, CSSD, Binatu, Farmasi.

Baca Juga:  Wakapolda Jabar Pantau Langsung Arus Mudik Di Pos Pam Terpadu Cikopo Purwakarta

Sementara, untuk pelayanan IGD, Rumah Sakit telah menetapkan siaga lebaran mulai H-7 s/d H+7. Beberapa hal yang telah disiapkan diantaranya jadwal petugas onsite dan oncall, kesiapan kemungkinan peningkatan kasus KLL serta kesiapsiagaan bila terjadi korban massal.

“Diluar kesiapan yang sudah maksimal, tentunya menjadi harapan kita semua, masyarakat dapat merayakan Idulfitri dalam keadaan sehat dan selamat. Segenap keluarga besar RSHS mengucapkan Selamat Idul Fitri 1440, mohon maaf lahir dan batin,” tandas Nina. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat