Tekan Angka Kecelakaan, Supir Bus di Bandung Jalani Tes Urine

JABARNEWS | BANDUNG – Guna meminimalisir angka kecelakaan yang diakibatkan kelalaian manusia atau human error saat mengantarkan pemudik ke kampung halaman . Ratusan supir bus jalani tes urine di Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Senin (27/5/2019).


“Ini untuk deteksi dini dalam rangka tentunya meminimalisir kecelakaan lalu lintas, dan juga meminimalisir penyalah gunaan narkoba itu yang kita lakukan hari ini,” kata Kepala Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Bandung Yeni Siti Saodah

Baca Juga:  Dedi Mulyadi Tantang Seorang Warga Cirebon Bikin Teleskop Besar, Untuk Apa?

Tes urine ini digelar BNNK Bandung bekerjasama dengan Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Bandung.

Yeni menyebutkan, kegiatan tes urine tersebut merupakan agenda rutin tahunan menjelang mudik lebaran. Dalam tes urine kali ini, pihaknya tidak menemukan pengemudi yang positif menggunakan narkoba.

Baca Juga:  Di Kota Cimahi Pembuatan KK Pasutri Nikah Siri Trennya Lagi Naik, Syaratnya Mudah?

“Alhamdullah tidak ada yang positif,” ungkap Yeni.

Namun, Yeni menegaskan, jika ditemukan pengemudi bus yang positif menggunakan narkoba, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Satuan Reserse Narkoba, terkait penyelidikan dan penindakan lebih lanjut.

“Misalkan, dia sebagai pengguna tetap akan kita sarankan bersangkutan di rehabilitasi kalau dia pengguna yang cukup lama,” terangnya.

Baca Juga:  Jelang Asian Games, Venue Cano Malah Kerusuhan

Yeni berharap, kegiatan tes urine dapat memberikan jaminan keamanan serta keselamatan, bagi pemudik yang akan menggunakan bus untuk mudik ke kampung halamannya.

“Kita harapkan semua berjalan lancar aman tidak ada kendala apa-apa dan penumpang juga ada satu keyakinan, ada satu kepuasan, dalam artian supirnya sudah dilakukan tes urin,” tandasnya. (Red)