Tujuh Helikopter Basarnas Siap Bantu Amankan Mudik

JABARNEWS | GARUT – Guna memberikan bantuan kepada masyarakat yang mengalami musibah dalam operasi pengamanan selama masa mudik Lebaran 2019, Badan SAR Nasional (Basarnas) menyiapkan tujuh helikopter yang akan selalu siap siaga membantu masyarakat.

“Keberadaan heli ini untuk membantu jika terjadi kecelakaan, bisa di air atau evakuasi saat lalu lintas macet,” kata Kepala Basarnas, Marsekal Madya Bagus Puruhito saat meninjau pos pengamanan di Limbangan, Kabupaten Garut, Rabu (29/5/2019).

Baca Juga:  Penderita Asam Urat Dilarang Makan Kacang-kacangan? Begini Faktanya

Bagus mengatakan, helikopter milik Basarnas itu disiagakan disejumlah titik yang tersebar di seluruh Indonesia. Diantaranya di Lanud Atang Senjata, Tanjung Pinang, Surabaya, Merak, Denpasar, Semarang, dan Makassar.

Baca Juga:  Hari Raya Idul Fitri, 12 Koruptor di Lapas Sukamiskin Dapat Remisi

“Namun heli itu juga nanti akan mobile dan siap dioperasikan,” katanya.

Bagus mengungkapkan, selain helikopter, sebanyak 68 unit berukuran 14 meter sampai 60 meter kapal akan mengamankan wilayah laut, kemudian 114 perahu untuk penyelamatan bantuan pertolongan di air.

Selain kekuatan itu, lanjut dia, Basarnas menyiapkan 3.500 personel selama operasi siaga SAR mudik 2019 ditambah bantuan dari potensi SAR sebanyak 4.500 orang tersebar di seluruh daerah.

Baca Juga:  Truk Tabrak Minimarket, Satu Orang Tewas

Basarnas juga, kata Bagus, telah mendirikan 38 Kantor Pos SAR dan 77 Pos Siaga yang disiagakan selama arus mudik dengan prioritas pengamanan di jalur tol, penyeberangan laut dan tempat wisata. (Red)