bjb

Mudik Lebaran, Kendaraan Prajurit Yonarmed 9 Pasopati Kostrad Jalani Pemeriksaan

Pemeriksaan kendaraan prajurit TNI AD dari Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad yang akan digunakan untuk mudik lebaran, Sabtu (1/6/2019). (Foto: Gingin/JabarNews)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Sebelum melaksanakan tradisi mudik lebaran, kendaraan milik prajurit Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad menjalani pemeriksaan.

Pemeriksaan tersebut merupakan salah-satu prosedur yang harus diikuti seluruh prajurit dari markas satuan. 

Komandan Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad, Mayor Arm Andi Achmad Afandi mengatakan pemeriksaan itu dilakukan jelang tradisi mudik lebaran.

Mudik menjadi tradisi masyarakat Indonesia, yakni pulang ke kampung halaman untuk merayakan lebaran dan berkumpul dengan sanak saudara.

"Dalam rangka libur Idul Fitri 1440 H atau cuti lebaran, Yonarmed 9 Pasopati Kostrad menggelar pemeriksaan kendaraan prajurit sebelum digunakan untuk mudik atau perjalanan pulang ke kampung halaman masing-masing," kata Andi sapaan akrab perwira TNI tersebut, Sabtu (1/6/2019). 

Pemeriksaan kendaraan itu ujar Andi, dilakukan oleh staf intelejen Yonarmed 9 Pasopati Kostrad, dan juga dilakukan provost serta tim mekanik.

Kegiatan dilaksanakan setelah apel siaga, selanjutnya para prajurit membawa kendaraannya masing-masing yang akan digunakan untuk mudik atau perjalanan pulang ke kampung halaman.

Baca Juga:

Arus Mudik di Tol Cipali Diprediksi Membludak pada H-5

Prajurit TNI Kenalkan Website Kostrad kepada Pelajar

"Pemeriksaan kendaraan meliputi kelengkapan surat-surat kendaraan, kondisi mesin, ban kendaraan, oli mesin, minyak rem, air radiator, freon AC (mobil), cairan mobil (air pembersih kaca), area kokpit serta kelengkapan kendaraan (kaca spion, dan plat nomor)," paparnya.

Andi menambahkan, kegiatan pemeriksaan kendaraan prajurit ini dilakukan sebagai upaya menciptakan keamanan, kenyamanan dan keselamatan para prajurit dan keluarga sebelum melaksanakan perjalanan ke kampung halaman masing-masing.

"Pemeriksaan ini memang masih jauh dari hari H cuti Lebaran, karena bertujuan apabila ada kendaraan yang tidak layak atau kurang lengkap, di waktu yang ada ini agar segera diperbaiki dan dilengkapi," ungkapnya.

Andi juga mengingatkan, bagi prajuritnya yang membawa kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat, untuk mengecek secara keseluruhan kondisi kendaraan sebelum berangkat mudik lebaran.

Patuhi tata tertib berlalu lintas dengan mentaati aturan yang ada dan lebih berhati-hati dalam mengendarai kendaraannya, perhatikan faktor keselamatan sehingga nanti dapat kembali bekerja menjalankan tugas di satuan masing-masing dengan selamat, aman dan lancar.

"Periksa kembali rumahnya dan barang-barang yang akan ditinggalkan maupun yang akan dibawa, jangan lupa bagi seluruh prajurit dan PNS  yang akan meninggalkan rumahnya dalam waktu lama agar memperhatikan keamanan rumah sehingga terhindar dari pencurian, kebakaran yang disebabkan oleh arus pendek listrik, dan kompor baik gas dan minyak tanah waspada dijalan saat menuju kampung halaman masing-masing serta jaga kesehatan saat liburan, periksa dokumen kendaraan, cek kendaraan yang akan digunakan apakah masih layak pakai,” pungkasnya. (Gin


Jabar News | Berita Jawa Barat 
Tags : Pemeriksaan Kendaraan Mudik Lebaran Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad
properti

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi