bjb

Liverpool Raih Gelar Juara Liga Champions ke 6 Setelah Taklukan Tottenham 2-0

Kapten Liverpool, Jordan Henderson mengangkat trofi Liga Champions yang merupakan gelar ke 6. (Foto: Net)

JABARNEWS | MADRID - Sebelumnya Liverpool gagal menjuarai Liga Champions 2017/2018 setelah dihajar Real Madrid. Kini The Reds membayarnya dengan menjuarai Liga Champions 2018/2019 di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Minggu dini hari WIB. Liverpool berhasil menjuarai Liga Champions seusai menjinakkan Tottenham Hotspur 2-0.

Kedua tim tampil dengan skuad terbaik. Bahkan, Tottenham Hotspur dan Liverpool turun dengan barisan depan terkuat yang mereka miliki.

Tottenham Hotspur sudah bisa memainkan Harry Kane. Sebelumnya, Kane mengalami cedera dan harus absen pada dua laga semifinal melawan Ajax.

Adapun Liverpool sudah bisa memainkan Mohamed Salah dan Roberto Firmino. Kedua pemain itu sempat absen saat The Reds bangkit demi menyudahi perlawanan Barcelona pada leg kedua semifinal Liga Champions.

Sementara itu, beberapa pemain yang sempat menjadi pahlawan kemenangan masing-masing tim saat semifinal, kali ini berada di bangku cadangan. Di kubu Tottenham Hotspur ada Lucas Moura, dan Liverpool memiliki Divock Origi.

Keunggulan cepat lewat eksekusi penalti Mohamed Salah baru bisa digandakan Divock Origi pada menit ke-87 untuk memastikan kemenangan tersebut, demikian catatan laman resmi UEFA.

Hasil itu mengantarkan Liverpool meraih trofi keenam Liga Champions mereka dan pelatih Juergen Klopp akhirnya menyudahi "kesialannya" dalam final ketiga kompetisi paling bergengsi antarklub Eropa tersebut.

Liverpool unggul cepat lewat eksekusi penalti Salah saat laga baru berjalan dua menit. Penalti itu berawal dari vonis wasit Damir Skomina yang memutuskan Moussa Sissoko menyentuh bola dengan tangannya saat berusaha menghalangi umpan silang Sadio Mane ketika pertandingan baru berjalan 23 detik.

Sejak itu Tottenham lebih banyak memiliki bola tapi tak kunjung mampu menciptakan peluang berarti, sebaliknya dua tendangan spekulasi bek Liverpool Trent Alexander-Arnold dan Andy Robertson justru menebar ancaman.

Sayang tendangan Alexander-Arnold pada menit ke-16 masih melenceng dan bola tembakan Robertson bisa ditepis kiper Hugo Lloris sehingga skor 1-0 bagi Liverpool bertahan hingga turun minum.

Liverpool kembali memasuki babak kedua dengan membombardir pertahanan Tottenham, namun tembakan Salah di dalam kotak penalti bisa dihalau Jan Vertonghen, Lloris bereaksi cepat terhadap umpan silang Robertson dan tendangan spekulasi Fabinho masih membentur bek lawan sebelum diamankan Lloris.

Pada menit ke-58, Klopp memutuskan untuk menarik keluar Roberto Firmino yang tak cukup aktif di laga tersebut digantikan Origi, pahlawan penentu kelolosan Liverpool ke final, demi mengubah komposisi lini serang mereka.

Keputusan itu disusul masuknya James Milner menggantikan pahlawan kemenangan Liverpool atas Barcelona yang lainnya Georginio Wijnaldum pada menit ke-62.

Tujuh menit setelah merumput, Milner memperoleh peluang untuk menggandakan keunggulan Liverpool saat menerima bola di dalam kotak penalti namun tembakan kaki kirinya melenceng tipis dari gawang.

Sementara itu, Tottenham yang mulai diambang kehabisan waktu memperoleh peluang pada menit ke-73, namun bola tembakan Dele Alli masih terlalu mudah untuk diamankan kiper Alisson Becker.

Dua menit kemudian, Son Heung-min berusaha merangsek ke dalam kotak penalti hanya untuk mendapati bolanya direbut dan disapu oleh bek tengah Liverpool Virgil van Dijk.

Tottenham terus menekan Liverpool, namun Alisson melakukan dua penyelamatan penting beruntun atas tembakan jarak jauh Heung-min dan lantas mengamankan percobaan kesempatan kedua dari Lucas Moura.

Tim besutan Mauricio Pochettino terus berupaya merangsek masuk ke pertahanan Liverpool hingga memperoleh tendangan bebas dalam situasi berbahaya pada menit ke-80, namun eksekusi Christian Eriksen berhasil dimentahkan oleh Alisson.

Di tengah upaya keras Tottenham untuk bangkit dari ketertinggalan, Liverpool justru berhasil menggandakan keunggulan pada menit ke-87 lewat Origi.

Berawal dari situasi sepak pojok yang gagal diantisipasi sempurna oleh para pemain Tottenham, Joel Matip menyodorkan bola kepada Origi yang berdiri cukup bebas untuk menyasar tiang jauh dan mencetak gol yang hampir pasti membawa Liverpool juara.

Usai gol tersebut, Klopp segera memilih untuk menebalkan pertahanan demi menjaga keunggulan dua gol dengan memasukkan bek Joe Gomez menggantikan Mane.

Tottenham berusaha mencari gol di sisa waktu yang ada, namun sepanjang masa injury time tembakan Danny Rose, Heung-min maupun Eriksen bisa dijinakkan dengan sangat baik oleh Alisson demi menjaga skor 2-0 bertahan hingga peluit tanda laga usai berbunyi.

Susunan pemain:

Tottenham Hotspur (4-2-3-1): Hugo Lloris; Kieran Trippier, Toby Alderweireld, Jan Vertonghen, Danny Rose; Moussa Sissoko (Eric Dier), Harry Winks (Lucas Moura); Bamidele Alli (Fernando Llorente), Christian Eriksen, Son Heung-min; Harry Kane

Pelatih: Mauricio Pochettino

Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Jordan Henderson, Fabinho, Georginio Wijnaldum (James Milner); Mohamed Salah, Roberto Firmino (Divock Origi), Sadio Mane (Joe Gomez)

Pelatih: Juergen Klopp (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat
Tags : Liverpool Tottenham Hotspur Liga Champions Wanda Metropolitano
properti

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi