Pemuda di Purwakarta Diringkus Polisi karena Mencuri Burung

JABARNEWS | PURWAKARTA – Satu pemuda warga Kampung Tanjak Nangsi, Desa Raharja, Kecamatan Wanayasa, bernama Imran Isman Kurniawan alias Edo (29) harus berurusan dengan polisi karena kedapatan mencuri 4 ekor Burung Murai Medan seharga Rp 35 juta.

“Tersangka mencuri dengan cara melompati pagar rumah yang pendek dan merusak pintu kandang ternak burung Murai Medan tersebut. Dalam kandang tersebut ada 4 ekor burung,” ujarnya Paur Humas Polres Purwakarta, Ipda Tini Yutini, Sabtu (6/4/2019).

Kasus pencurian tersebut lanjut Tini, awalnya diketahui oleh Samsul Arif, warga Kampung Tanjak Nangsi, RT 09/03 Desa Raharja, yang merupakan penjaga villa sekaligus merawat burung tersebut.

Baca Juga:  Erick Thohir Resmi Jadi Anggota Banser, Begini Kata GP Ansor Jabar

“Menurut keterangan Samsul Arif, kejadiannya bermula saat dirinya, pada Kamis (20/12/2018), sekira pukul 06.30, hendak memeberikan makan burung murai tersebut mendapati 4 ekor burung itu tidak ada di dalam kandung dengan pintu kandang sudah terbuka. Setelah itu Samsul Arif lapor ke pada pemilik villa yang juga pemilik Burung Murai Medan tersebut,” kata Tini.

Setelah itu, lanjut dia, Pemilik Burung Murai Medan melaporkan kejadian tersebut melapor ke Polsek Wanayasa. Usai mendapatkan laporan jajaran Polsek Wanayasa mengecek lokasi dan melakukan penyelidikan.

“Setelah olah tempat kejadian perkara (TKP) jajaran Polsek Wanayasa mendapatkan informasi dari seorang pemuda bernama Saiful Rahmat alias Ipul (20) yang menerangkan bahwa dirinya diajak Imran alias Edo untuk mencuri burung, namun dirinya menolak. Disayangkan saudara Ipul tidak langsung melaporkan pencurian itu ke Polsek Wanayasa, karena gak enak sama Edo yang yang merupakan tetangga dan teman dekatnya sendiri,” jelas Tini.

Baca Juga:  Hadeuuh!!..Sudah Tahu Sakit Jiwa Masih Dipercaya

Berdasarkan informasi yang didapatkan jajaran Polsek Wanayasa, petugas mendapatkan nomor handphone pelaku dari Ipul dan ketika di cek melalui GPS pelaku berada di Kabupaten Garut.

“Petunjuk dari GPS nomor handphone pelaku menunjukan pelaku berada di Garut, setelah dikejar ke Garut, sinyal GPS nya hilang dan pelaku tidak ditemukan. Dan pada Minggu (24/3/2019) pelaku menyerahkan diri ke Polsek Wanayasa,” jelasnya.

Baca Juga:  Liverpool Raih Gelar Juara Liga Champions ke 6 Setelah Taklukan Tottenham 2-0

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku terancam Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman maksimal enam tahun penjara.

“Saat ini pelaku diamankan di Polsek Wanayasa guna menjalani proses pemeriksaan dan pemberkasan,” ujar Tini.

Sementara itu, pelaku mengaku menjalankan aksinya, pasalnya rekannya yang bernama Ipul menolak ia ajak.

“Saya ambil empat Ekor burung yang disimpan di dua kandang, satu ekor burung Burung dijual di daerah lapang kontes di Campaka, Kabupaten Garut seharga 1,5 Jt, dan yang tiga ekor lagi mati,” Jelas Edo. (Gin)

Jabar News | Berita Jawa Barat