Sekda Jabar Bahagia Saat Lepas Pemudik di Stasiun Bandung

JABARNEWS | BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat kembali mengadakan mudik gratis bagi warga Jawa Barat untuk musim mudik Lebaran tahun ini. Pemprov Jabar bersama PT KAI memberangkatkan empat rangkaian gerbong kereta api Mutiara Selatan dalam program Mudik Gratis 2019.

Antusiasme masyarakat mengikuti mudik gratis menggunakan kereta ternyata tinggi, sebanyak 300 kursi disediakan bagi para pemudik tujuan Jawa Timur yang menggunakan kereta api gratis.

Sekretaris Daerah Jawa Barat, Iwa Karniwa yang melepas keberangkatan angkutan mudik gratis menggunakan kereta api tersebut mengaku senang. Pasalnya, Pemprov Jabar bisa berbagi kebahagiaan bersama para pemudik dari Kota Bandung.

Baca Juga:  Terpeleset Saat Menjala Ikan, Seorang Nelayan Hilang Terseret Arus Sungai Cimandiri Sukabumi

“Alhamdulillah saya ikut berbahagia melihat masyarakat Jawa Barat bahagia, khususnya yang sekarang mudik menuju Jawa Timur,” ungkap Iwa di Stasiun Bandung, Minggu (02/06/2019).

Diungkapkannya, program mudik gratis menggunakan kereta api merupakan kegiatan yang pertama kali dilakukan. Sebab, pada tahun sebelumnya Pemprov Jabar hanya menyediakan layanan mudik gratis menggunakan bus bagi para pemudik.

Baca Juga:  DPRD Jabar Minta Perbaikan Jalan Provinsi di Kalimulya Kota Depok Harus Segera Terealisasi

Menurutnya, layanan mudik gratis menggunakan kereta api merupakan arahan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Secara operasional, gubernur memberikan instruksi agar Dishub Jabar mengintegrasikan layanan mudik gratis antara BUMN dan pihak swasta.

“Alhamdulillah pada tahun ini kita bisa integrasikan, sehingga total yang mudik gratis jauh lebih banyak dibandingkan tahun lalu,” ujarnya.

Sesuai aspirasi para pemudik, lanjutnya, Pemprov Jabar berencana menyelenggarakan kegiatan mudik gratis yang lebih besar di tahun depan. Tentunya, dengan kerjasama dengan berbagai pihak, baik BUMN maupun swasta.

Baca Juga:  Minuman dan Makanan Ini Ternyata Bisa Membantu Menambah Tinggi Badan

“Insya Allah akan kita tambah, ya harapan kita sih bisa dua kali lipat lah. Ini tentu bukan hanya APBD karena itu sifatnya lebih kepada stimulus,” pungkasnya.

Selain itu, Pemprov Jabar mengimbau calon pemudik untuk mempersiapkan perjalanannya sendiri. Sebab, Pemprov Jabar hanya menyiapkan fasilitas keberangkatan saja. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat