Jamaah Naqsabandiyah di Sumatera Rayakan Idul Fitri 1440 H Hari Ini

JABARNEWS | PADANG – Ribuan pengikut Jamaah Naqsabandiyah di Padang, Sumatera Barat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Senin (3/6/2019) hari ini.

Pimpinan Tarekat Naqsabandiyah Padang Syafri Malin Mudo menjelaskan mereka sudah menjalankan ibadah puasa selama 30 hari. Menurut Syarif, mereka memulai puasa terlebih dahulu.

“Lebarannya tanggal 3 (Juni), karena puasa kami sudah 30 hari. Kami memulai memang lebih awal, sesuai hisab yang sudah turun temurun,” kata Syafri dikutip dari detik.com.

Baca Juga:  Tips Mencerahkan Kulit Wajah Hanya Dengan Ampas Teh Hijau

Perayaan Idul Fitri tersebut ditandai dengan lantunan takbir yang sudah bergema di Musala Baitul Mammur, di Kelurahan Binuang Kampung Dalam, Pauh, Padang pada Minggu (2/6/2019) malam. Serta pelaksanaan shalat shalat Idul Fitri pada Senin (3/6/2019) pagi.

Baca Juga:  Yana Mulyana Pastikan Stok dan Harga Kepokmas di Kota Bandung Stabil

“Puasa kami tetap 30 hari. Walaupun naik, walaupun turun. Kenapa puasa 30 hari? Karena kata Rasulullah, siapa yang puasa 30 hari dan 6 hari syawal, maka sama dengan puasa 1 tahun,” imbuh dia.

Penganut Tarekat Naqsabandiyah tersebar di beberapa kabupaten/kota di Sumatera Barat. Pengikutnya diperkirakan berjumlah lebih dari 5.000 orang.

Baca Juga:  Pemilik Nama Agus Hari Ini Berkumpul di Bandung

Naqsabandiyah merupakan satu dari tiga tarekat yang berkembang di Sumatera Barat. Selain Naqsabandiyah juga terdapat Tarekat Sattariyah dan Kastariyah. Bedanya, jika Naqsabandiyah biasanya lebih awal, sementara Sattariyah dan Kastariyah justru lebih lambat dari pemerintah. (Red)