Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad Ajak Masyarakat Gotong Royong Bersihkan Lingkungan

JABARNEWS | PURWAKARTA – Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci ramadhan, Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad dengan masyarakat Desa Benteng, Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta serta pelajar dari SMK Taruna Sakti melaksanakan gotong royong membersihkan wilayah pemukiman, tempat ibadah dan area pemakaman umum.

Danyon Armed 9 Pasopati Kostrad, Mayor Arm Andi Achmad Afandi mengatakan, kegiatan ini sengaja dilakukan untuk menumbuhkan kembali semangat gotong royong yang mulai tergerus oleh perkembangan zaman yang semakin modern.

Baca Juga:  Pemkab Ajak AOP Promosikan Pariwisata Purwakarta

“Akhir-akhir ini kepedulian terhadap tempat-tempat umum ataupun fasilitas umum sangat minim, sehingga kami tergerak untuk membangkitkan kembali budaya gotong royong dan semangat kebersamaan diantara warga masyarakat, dengan harapan terciptanya masyarakat yang peduli terhadap lingkungan,” kata Andi saat ditemui usai bersih-berish, Minggu (28/4/2019).

Selain itu, lanjut dia, kegiatan ini untuk mengajak masyarakat untuk hidup bersih dengan melaksanakan kerja bakti bersama-sama secara rutin di lingkungan masing-masing.

Baca Juga:  Mengenal Said Aqil Siroj, Tokoh NU yang Termasuk Orang Muslim Paling Berpengaruh di Dunia

“Sudah sepatutnya kita secara bersama-sama menciptakan lingkungan yang bersih, hijau, dan sehat, serta ikut mewujudkan situasi yang kondusif di lingkungan masing-masing,” bebernya.

Tak hanya itu, kata Andi, kegiatan tersebut tidak hanya mampu menjadi wahana menumbuhkan kepedulian terhadap kebersihan dan keindahan lingkungan serta kesehatan. Namun juga untuk mempererat tali silaturrahmi antara TNI dan masyarakat.

“Kegiatan ini untuk menggugah semua lapisan masyarakat agar peduli terhadap lingkungan, membuang sampah pada tempatnya dan mengurangi pemakaian benda-benda yang sulit terurai,” ungkapnya.

Baca Juga:  Mahasiswa STKIP Purwakarta Tampilkan Pergelaran Teater "Roro Jonggrang"

Andi pun berharap, kegiatan gotong royong ini bisa terus dipertahankan dan dilestarikan oleh masyarakat.

“Dari kegiatan ini kami berharap ke depannya bisa terus dipertahankan, bahkan dipupuk serta dilestarikan. Ini merupakan sebuah kearifan lokal yang patut kita pertahankan,” pungkas perwira TNI yang terkenal dengan keramahannya itu. (Gin)

Jabar News | Berita Jawa Barat