Mudik Lebaran Pakai Motor Tahun Ini Meningkat

JABARNEWS | JAKARTA – Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Budi Setiyadi mengatakan, pengguna sepeda motor untuk mudik Lebaran 2019 mengalami peningkatan dari tahun sebelumya.

“Sepeda motor secara umum ada peningkatan cukup tinggi dibanding 2018, saya kira karena banyak masyarakat yang sudah menguasai penggunaan motor,” kata Budi, Senin (3/5/2019).

Baca Juga:  Sungguh Terlalu! Ridho Rhoma Kembali Terjerat Narkoba

Ditambahkan Budi, peningkatan tersebut seperti terlihat di jalur Pantura, di antaranya di wilayah Balonggandu.

“Untuk penggunaan sepeda motor dari jalur pantura di sekitar Balonggandu ada peningkatan cukup signifikan dibandingkan tahun lalu,” ujarnya.

Lebih lanjut Budi menjabarkan, pada H-7 atau 29 Mei terdapat kenaikan 127 persen. Pada 2018 ada sebanyak 42.556 unit, dan 2019 meningkat jadi 96.627 unit.

Baca Juga:  Tega! Karena Hal Ini, Dua Anak Gugat Ibu Kandung di Bandung

Sementara ada H-6 atau 30 Mei naik 138 persen. Sebanyak 34.838 pemudik menggunakan sepeda motor di 2018, meningkat jadi 83.128 di tahun ini.

Seiring peningkatan itu, Budi berharap, agar pemudik tidak memaksakan diri tidak memaksakan diri untuk mudik menggunakan moda transportasi roda tersebut.

Baca Juga:  Raker dengan DPR, Nadiem Sebut Cukup Unik

“Sepeda motor ini moda transportasi yang paling berbahaya dan rawan kecelakaan, jadi diharapkan masyarakat tidak ada lagi yang memaksakan diri naik motor untuk mudik,” ungkap Budi. (Red)