Perolehan Zakat di Jabar Meningkat 35 Persen

JABARNEWS | BANDUNG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat mengungkapkan, penerimaan zakat fitrah dan shodaqoh dalam Idul Fitri 1440 H meningkat sebesar 35 persen dari tahun sebelumnya.

“Naiknya hampir 35 persen dibandingkan dengan dulu, jadi hampir 403 miliar, dulu kan sekitar 300 miliaran,” ungkap Sekretaris Daerah Jawa Barat, Iwa Karniwa di Gedung Pakuan, Rabu (05/06/2019).

Baca Juga:  Majelis Ta'lim Se-Kota Bandung Dukung Yossi-Aries

Iwa mengatakan, kenaikan penerimaan zakat fitrah dan shodaqoh di Jawa Barat diperkirakan karena tata kelola yang dilakukan Baznas semakin baik. Sehingga, berpengaruh terhadap peningkatan penerimaan di lembaga zakat tersebut.

Menurutnya, masyarakat Jawa Barat semakin memiliki kesadaran dalam mengamalkan Alquran dan Hadist. Dengan begitu, banyak masyarakat yang membayarkan zakat fitrah sebagai bentuk kewajiban sebagai muslim.

Baca Juga:  Pilkada Serentak Rawan Jadi Klaster Baru Covid-19, DPRD Jabar Ingatkan Hal Ini

“Zakat ternyata lebih efektif untuk memberdayakan umat khususnya fakir miskin dan pengangguran sesuai dengan asas zakat,” ujarnya.

Dengan adanya peningkatan tersebut, Iwa menyatakan, Pemprov Jabar akan terus mendorong penerimaan zakat di Jawa Barat ke depannya agar semakin meningkat. Sehingga, seluruh masyarakat khususnya yang kurang mampu bisa merasakan manfaat dari zakat tersebut.

Baca Juga:  Asik Bermain Bola, Bocah Delapan Tahun Tewas Tersambar Kereta di Purwakarta

“Kita akan dorong terus peningkatan zakat ini dan bukan hanya zakat tetapi juga beberapa yang lain,” kata Iwa. (Red)