Tips Makan Sehat di Hari Raya Agar Berat Badan Tak Bertambah

JABARNEWS | BANDUNG – Saat lebaran idul fitri, tradisi bersilaturahmi ke rumah keluarga , kerabat, dan sanak saudara menjadi hal yang lazim dilakukan. Biasanya, dalam kunjungan tersebut selalu tersedia banyak makanan khas hari raya yang siap untuk disetiap rumah rumah yang dikunjungi.

Namun kegiatan ini cenderung memberi peluang untuk memengaruhi berat badan dan kesehatan kita. Segala macam makanan yang tersaji, biasanya makanan yang tinggi akan lemak. Bagi yang ingin menjaga berat badannya tentu perlu untuk menyiasati hal ini, karena bila tidak bobot badan bisa saja melambung naik setelah lebaran ini.

Baca Juga:  Kalah 2 - 0 Dari Vietnam, Catatan Buruk Timnas Indonesia Berlanjut

Berikut ini tips makan sehat di hari raya yang bisa dicoba untuk mencegah kelebihan berat badan setelah lebaran.

Jika silahturami dilakukan pagi hari, sekitar pukul 9 sampai 10 pagi, sebaiknya pilih santapan snack atau buah. Bila kunjungan dilakukan siang hari, sekitar pukul 12 sampai 13 maka ketupat atau nasi bisa jadi pilihan.

Baca Juga:  Tindak 1.183 Pelanggar Protokol Kesehatan di Kota Bandung, Ini Satpol PP

Bila di atas meja terhidang banyak makanan berat yang berlemak seperti, rendang, opor ayam, sambal goreng, atau semur, pilihlah satu jenis lauk saja atau bisa dua tapi dengan porsi kecil, selebihnya disarankan konsumsi buah dan sayur yang berserat.

Jangan terus-menerus mengonsumsi aneka kue manis dan gurih tanpa diselingi makanan berserat. Karena makanan berserat bisa menetralisir lemak jenuh yang terkandung di dalamnya.

Baca Juga:  inDriver Hadir Di Sukabumi

Makanlah secara perlahan, semakin cepat kita makan semakin banyak juga makanan yang kita makan sehingga kolesterol dalam tubuh bisa cepat naik.

Bila perut masih terasa lapar meski sudah makan banyak, baiknya coba untuk minum air putih. Selain untuk menghindari dehidrasi, minum air bisa bantu menahan rasa lapar. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat