Hari Ini Diperkirakan Terjadi Puncak Arus Balik di Stasiun Bandung

JABARNEWS | BANDUNG – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung memprediksi hari ini Minggu (9/6/2019) menjadi puncak arus balik mudik lebaran 2019. Kendati demikian lonjakan penumpang sudah mulai terlihat di hari kedua lebaran.

“Tanggal 6 Juni 2019 dimana pada tanggal 6 Juni Hari kamis itu jumlah penumpang Yang terangkut cukup tinggi yaini 84.000 penumpang,” demikian disampaikan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 2 Bandung, Noxy Citrea Minggu (9/6/2019).

Ia juga mengungkapkan, jika dibandingkan tahun sebelumnya angka penumpang kereta api mengalami peningkatan.

Baca Juga:  Ditandatangani Ridwan Kamil dan DPRD, Ini Tiga Calon Daerah Otonomi Baru di Jabar

“Kalo secara komulatif jumlah penumpang Yang Kita angkut Di wilayah daop 2 Dari H-10 sampai jumat kemarin itu sampai 800.5615 penumpang atau naik 9% Di bandingkan dengan tahun lalu,” ujar Noxy.

Oleh Karenanya PT. KAI Daop 2 Bandung telah mempersiapkan 5 kereta api yang akan berlangsung sampai 16 Juni mendatang, yakni Lodaya Pagi, Lodaya Malam, Pasundan, Kota Jaya Selatan, dan Ceremai dengan relasi Bandung-Semarang.

“Sedangkan untuk posko tetap ya Baik di stadiun maupun Di atas KA itu Ada posko kesehatan, posko operational, posko pengamanan,” jelasnya.

Baca Juga:  Dalam Waktu Dekat Terminal Multimoda Segera Dibangun di Bekasi

Noxy menjelaskan, dimasa angkutan lebaran kali ini pihaknya mendapat bantuan eksternal dari PAM TNI dan polri dengan jumlah 106 personil.

“Lalu dari seluruh PT KAI juga harus menangguhkan cuti maupun libur karena kami harus fokus terjun ke stasion-stasion melayani penumpang,” pungkasnya.

Untuk mengantisipasi tingginya volume penumpang saat masa perjalanan balik Lebaran 2019, Noxy mengatakan pihaknya telah menambah petugas baik dari internal dan eksternal. Sejauh ini, PT KA Daop 2 telah menjalankan lima rangkaian kereta tambahan yang terdiri dari KA Pasundan Tambahan, KA Kutojaya Tambahan, KA Lodaya Pagi Tambahan, KA Lodaya Malam Tambahan, dan KA Ciremai 2.

Baca Juga:  Ramalan Cuaca Kabupaten Purwakarta, Rabu 18 Mei 2022

Pada masa angkutan Lebaran 2019 ini, PT KA Daop 2 pun memperpanjang masa promo Rp 1.000 untuk KA Pangandaran relasi Bandung-Banjar PP dan KA Galunggung relasi Kiaracondong – Tasikmalaya PP. Hal ini dianggap disambut baik masyarakat yang antusiasmenya semakin tinggi menggunakan kereta api. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat