Polemik Arsitektur Masjid Al Safar

JABARNEWS | KARIKATUR – Dalam acara silaturahmi yang digelar di Bale Asri Pusdai Jabar Bandung, Senin (10/6/2019) terjadi pembahasan tentang polemik arsitektur masjid Al Safar, yang dibangun di km 88 tol Purbaleunyi Purwakarta. Hadir dalam acara silaturahmi tersebut ketua umum MUI Jabar KH. Rahmat Syafei, ustadz Rahmat Baequni, dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil atau kang Emil.

Baca Juga:  DPRD Jabar Soroti Buruknya Kualitas Udara di Karawang, Pemerintah Daerah Diminta Segera Berbenah

Dalam kesempatan tersebut kang Emil memaparkan tentang bentuk segitiga dan lingkaran yang terdapat dalam masjid tersebut dan menjadi kontroversi. Kang Emil menjelaskan bahwa bentuk segitiga, elips, ataupun lingkaran merupakan bentuk geometri yang umum. Sementara dalam ilmu arsitektur, bentuk geometri dapat digunakan untuk menggali kreatifitas dalam berasitektur.

Baca Juga:  Pasca Mudik Lebaran 2023, Tak Ada Peningkatan Kasus Covid-19 di Cirebon

Menurut kang Emil, masjid Al Safar dirancang via teori lipat sehingga didominasi oleh bentuk segitiga.

Kang Emil menyambut baik kritik membangun terkait rancangan arsitektur masjid Al Safar yang dilontarkan ustadz Rahmat Baequni, sebagai ilmu yang menambah keislamannya. Dalam kritikannya ustadz Baequni mengajak umat untuk terus mewaspadai berbagai inovasi ideologi ‘konspirasi’ masuk dari berbagai ranah kehidupan termasuk didunia arsitektur. (Red)

Baca Juga:  Berikut Nama-nama Korban Kecelakaan Maut di Jalur Pantura Subang

Jabar News | Berita Jawa Barat